Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/11/2023, 19:06 WIB
Marsha Awang Lisba Siella,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

Sumber ipusnas

KOMPAS.com - Durian merupakan buah yang sangat populer dan banyak dibudidayakan di berbagai negara di Asia Tenggara. Durian dikenal dengan aroma yang kuat, unik, serta rasanya manis sedikit pahit.

Durian adalah buah musiman, masa panennya bervariasi tergantung pada jenisnya.

Ada beberapa varietas durian dengan musim panen berbeda-beda, sehingga durian bisa ditemukan sepanjang tahun di beberapa daerah yang berbeda.

Panen selalu menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh semua penanam buah-buahan, termasuk durian.

Kegiatan panen dan pascapanen harus dilakukan dengan benar agar hasil panen dapat memiliki cita rasa yang optimal.

Baca juga:

Berdasarkan buku "Durian: Pengetahuan Dasar untuk Pecinta Durian" karya Dr. Mohamad Reza Tirtawinata, Dr. Panca Jarot Santoso, Leni H. Apriyanti, S.P. terbitan Agriflo panen durian di Indonesia umumnya adalah sistem jatuhan atau matang pohon dan jatuh sendiri.

Hal itu menyebabkan panen tidak dapat ditentukan waktunya.

Namun, untuk keperluan dan beberapa varietas tertentu dapat dilakukan panen sebelum jatuh. Durian umumnya dapat dipanen pada umur 105 hingga 125 hari setelah bunga mekar.

Terdapat durian yang lebih lama atau lebih cepat dari umur panen tersebut, tergantung pada varietas dan kondisi iklimnya.

Oleh karena itu, setiap kebun perlu melakukan pengamatan pada tanamannya agar mengetahui kapan saat panen yang tepat. 

Panen durian sistem jatuhan ditentukan berdasarkan umur panen, perubahan ketajaman duri, munculnya garis juring, terdengar suara saat dipukul, tercium bau khas durian, dan perubahan pada warna kulit buah.

Buah durian mengalami perubahan warna kulit, mulai dari warna hijau saat masih muda hingga menjadi warna kuning atau coklat saat sudah tua.

Penyiraman pohon durian musang king harus dilakukan secara rutin. Terdapat cekungan tanah untuk jalur pengairan pohon durian di Tana Durian Klaten.KOMPAS.com/YUHARRANI AISYAH Penyiraman pohon durian musang king harus dilakukan secara rutin. Terdapat cekungan tanah untuk jalur pengairan pohon durian di Tana Durian Klaten.

Durian yang sudah tua siap untuk dipanen karena memiliki kualitas terbaik. Durian tua memiliki rasa lebih manis, serta memiliki aroma lebih harum.

Buah durian tua biasanya memiliki duri lunak dengan garis pangsa yang terlihat jelas. Selain itu, warnanya berubah dari hijau menjadi kuning serta tangkai putih yang telah mengering sepenuhnya.

Selain ciri-ciri di atas, kamu juga dapat menekan durian untuk mengetahui sudah matang atau belum. Buah durian yang sudah matang biasanya akan terasa lunak saat ditekan.

Kamu dapat memilih durian yang berkualitas dan memiliki rasa yang enak dengan memperhatikan ciri-ciri tersebut.

Baca juga:

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com