Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/09/2023, 19:32 WIB
Yuharrani Aisyah

Editor

KLATEN, KOMPAS.com - Menanam durian musang king memerlukan komitmen, ketelatenan, dan ketelitian. Pasalnya, proses dari pembibitan sampai tumbuh buah memerlukan waktu lebih kurang tiga tahun.

Apabila buah tumbuh, masih ada kemungkinan rusak atau jatuh dari pohon.

Selanjutnya, kamu perlu menunggu sekitar enam bulan hingga satu tahun sampai durian matang dan siap panen.

Hal itulah yang dirasakan oleh Daniel Wijanarko, pemilik kebun durian musang king di Klaten.

Tana Durian nama kebun itu, mempunyai sekitar 33 pohon durian musang king yang kini semuanya sedang berbuah dan diperkirakan panen raya pada Oktober-November 2023.

"Pohon durian kan makhluk hidup. Kalau penghidupan tercukupi otomatis akan berkembang biak," papar Daniel ketika ditemui Kompas.com di Tana Durian pada Minggu (24/9/2023).

Durian musang king di Tana Durian bisa panen berkala karena diberi pupuk dan pengairan yang cukup.

Daniel membagikan tips menanam durian untuk pemula selengkapnya di bawah ini.

Baca juga:

Durian musang king kucing tidur di Tana Durian Klaten dengan berat sekitar 3 kilogram.KOMPAS.com/YUHARRANI AISYAH Durian musang king kucing tidur di Tana Durian Klaten dengan berat sekitar 3 kilogram.

1. Bibit durian dari indukan unggul

Bibit durian harus berasal dari indukan yang bagus. Petani harus tahu asal-usul dan sifat pohon indukan durian seperti apa yang akan di-entres.

Entres adalah batang pohon bagian atas yang nantinya bakal menghasilkan buah unggul.

Kalau pohon indukan unggul maka hasil durian selanjutnya akan bagus juga.

Sebaiknya tidak membeli bibit durian sembarang karena penantian selama empat tahun menunggu buah durian tumbuh bisa menjadi sia-sia.

Kadang entres diambil dari pohon indukan yang kita tidak tahu apakah buahnya bagus atau tahan lama.

Daniel mengaku sekitar enam tahun lalu membeli bibit durian musang king di Desa Salaman, Magelang, dengan harga di atas Rp 500.000 per bibit.

Sebelum membeli, ia sudah mengetahui pohon indukan dari entres durian tersebut.

Ia kini juga menjual bibit durian musang king dengan harga Rp 75.000 per bibit dan durian black thorn Rp 125.000 per bibit. Kedua bibit itu berasal dari tempat ia membeli bibit durian musang king pertama kali.

Harga bibit durian dipengaruhi oleh tren durian yang sedang berjalan. Saat ini, tren durian musang king sudah lebih menurun daripada sekitar enam tahun lalu.

Penyiraman pohon durian musang king harus dilakukan secara rutin. Terdapat cekungan tanah untuk jalur pengairan pohon durian di Tana Durian Klaten.KOMPAS.com/YUHARRANI AISYAH Penyiraman pohon durian musang king harus dilakukan secara rutin. Terdapat cekungan tanah untuk jalur pengairan pohon durian di Tana Durian Klaten.

2. Pengairan berkala

Pengairan pohon durian tak kalah penting selama masa pertumbuhan. Pastikan untuk menyiapkan pengairan berkelanjutan, jangan sampai pohon durian kekeringan karena kekurangan sumber air.

Pohon durian musang king di Tana Durian disiram setiap lima hari sekali dengan jumlah air banyak agar pupuk cepat terserap ke bawah. Akar durian yang berada di atas tanah akan terendam air selama beberapa saat.

Pengairan di Tana Durian menggunakan paralon yang ditanam di dalam tahan. Ada paralon bertutup yang menonjol ke atas tanah di setiap pohon. Tutup paralon tinggal dibuka dan air bakal mengucur deras saat pengairan.

Terdapat cekungan atau kedukan tanah di dekat pohon durian untuk jalur air.

Awalnya, Daniel menggunakan sprinkler (alat penyiram otomatis) tetapi muncul lumut di selang sehingga saluran tersumbat. Akhirnya ia menggantinya dengan paralon sampai sekarang.

Baca juga:

Bunga durian musang king sudah mekar di Tana Durian Klaten, nantinya akan tumbuh menjadi buah.KOMPAS.com/YUHARRANI AISYAH Bunga durian musang king sudah mekar di Tana Durian Klaten, nantinya akan tumbuh menjadi buah.

3. Penyerbukan bunga durian oleh kelelawar

Bunga durian musang king mekar dan diserbuki pada malam hari. Bisa saja suatu pohon durian mekar banyak bunga tetapi kerap rontok. Sebaiknya dicek apakah ada yang menyerbuki.

Penyerbukan bunga durian ini menyilang misalnya bunga A dengan bunga B, bunga B dengan bunga C, begitu seterusnya. Bunga durian tidak bisa menyerbuki dirinya sendiri.

Oleh karena itu, dibutuhkan bantuan hewan tepatnya kelelawar atau biasa disebut codot.

Hewan yang mencari makan pada malam hari ini akan makan nektar bunga durian A, kemudian berpindah ke bunga durian B, dan seterusnya. Proses ini membantu penyerbukan bunga durian.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com