Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Icip Makanan Potteria Gading Serpong, Nasi Claypot

Kompas.com - 29/09/2023, 18:07 WIB
Krisda Tiofani,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Restoran Potteria terlihat mencolok di antara jejeran ruko Aniva Junction Paramount. Dari luar saja, eksterior oranye nampak jelas dan mentereng.

Menurut Viona Karen, Head of Marketing Potteria, bangunannya dirancang seperti rumah dengan suasana luar negeri.

"Bagian dalam restoran terasa seperti di Hongkong. Kami menyajikan suasana seperti di MRT Hongkong dengan tambahan neon," kata Karen kepada Kompas.com, Selasa (19/9/2023).

Pelanggan bebas duduk di mana saja. Tiga spot utama yang ditawarkan adalah depan dapur terbuka, dekat pintu masuk, dan bagian belakang restoran berkonsep semi-outdoor.

Saya duduk di dekat pintu masuk saat berkunjung ke Potteria pada hari yang sama. Letaknya ada di sebelah kanan pintu, dekat tembok bermural claypot yang cocok dijadikan spot foto.

Proses menyiapkan claypot nasi ini bisa dilihat langsung oleh pelanggan. Kaca bening di dapur terbuka menjadi satu-satunya batasan antara dapur dan ruang makan.

Sang koki akan memanaskan claypot, lalu mengisinya dengan nasi hainan dan kaldu tambahan, dilanjutkan dengan penataan topping sesuai menu yang dipesan.

Satu hal penting yang tak boleh terlewat, pelanggan harus menentukan tipe claypot nasi yang diinginkan: dengan kerak atau tanpa kerak.

Pemasakan claypot nasi kerak dan tanpa kerak berbeda. Ada tekstur kering yang menambah sensasi nikmat ketika menyantap nasi lembek di dalam claypot.

Hal itu saya rasakan ketika menikmati sejumlah menu andalan Potteria. Salah satunya adalah Signature Claypot Rice.

Signature Claypot Rice Potteria.Kompas.com/Antonius Aditya Mahendra Budi Santoso Signature Claypot Rice Potteria.

Jenis claypot nasi ini terlengkap di antara menu lainnya. Ada nasi, daging ayam, daging sapi, telur, jamur, dan pakcoy dalam satu porsi claypot.

Claypot nasi ini sebaiknya diaduk sebelum dinikmati agar rasa dan tekstur dari semua isiannya bercampur rata.

Beef and chicken charsiu yang disajikan terasa garing di luar dan lembut di bagian dalamnya.

Rasa manis dan gurih pun berpadu satu. Bila digabungkan dari keseluruhan hidangan, gurih lebih mendominasi Signature Claypot Rice.

Tambahan tekstur lembut bisa didapat dari jamur dan telur. Soy-marinated egg yang disajikan tidak begitu asin sehingga rasa hidangan kompletnya berpadu nikmat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com