Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Ciri Fisik Durian Enak, Bisa Lihat Tangkai dan Durinya

Kompas.com - 18/11/2022, 20:08 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memilih durian memang susah-susah gampang, kita tidak pernah tau bagaimana kondisi daging yang berada di balik kulit berduri.

Biasanya beberapa orang memilih durian berdasarkan aroma yang dihasilkan, selain itu ada juga yang memilih durian dilihat dari warna dan bentuk durinya.

Chief Executive Officer (CEO) usaha serba durian, Aroma Medan, Yudho Anggoro mengatakan, tidak ada cara pasti menentukan kualitas daging durian yang bagus selain dicicipi terlebih dahulu.

"Bahkan untuk penjual durian di pinggir jalan pun pasti akan meminta kita untuk mencicipi dagingnya sedikit," kata Yudho saat ditemui oleh Kompas.com di Studio Foodplace pada Rabu (16/11/2022).

Meskipun begitu, bukan berarti kita tidak bisa mengetahui kualitas durian dari beberapa ciri fisik. Yudho mengatakan ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui kualitas durian yang bagus.

Baca juga:

1. Lihat tangkai durian

Yudho mengatakan ada dua jenis durian yang bisa ditemui pasaran, yakni durian yang matang langsung dari pohon dan durian yang matang karena proses pemeraman.

Durian yang matang karena proses pemeraman biasanya berasal dari durian yang dipetik saat masih muda dari pohon. Cara membedakan kedua jenis durian tersebut dapat dilihat dari bentuk tangkainya.

"Kalau ujung tangkainya terlihat rata berarti durian matang karena dipotong, sedangkan kalau ujungnya tidak rata biasanya durian tua (matang) di pohon," kata Yudho.

Durian yang matang di pohon biasanya cenderung lebih bagus dibanding durian yang matang karena proses pemeraman.

Baca juga:

Ilustrasi buah durian yang matang sempurnaUNSPLASH/JIM TEO Ilustrasi buah durian yang matang sempurna

2. Lihat duri durian

Menurut Yudho, cara membedakan durian yang sudah tua dan masih muda dapat dilihat dari bentuk durinya. 

"Ujung duri durian yang sudah tua bentuknya lembek, sedangkan ujung duri durian yang muda masih keras," katanya.

Durian yang matang dan jatuh dari pohon dapat diketahui dari bentuk duri yang sedikit rusak karena benturan. 

Akan tetapi Yudho mengatakan saat ini ada juga petani durian yang menghindari benturan tersebut dengan cara mengikat durian menggunakan tali dari atas pohon.

"Sudah matang atau tidaknya durian bisa dilihat dari durinya, tapi untuk mengetahui isinya manis atau tidak, kita tidak pernah tau. Jadi harus dicicipi," pungkas Yudho. 

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com