Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Mengapa Lebih Baik Pakai Telur Suhu Ruang Saat Baking

Kompas.com - 15/10/2023, 11:11 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Sedang ingin mencoba aneka resep roti dan kue di rumah? Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memulainya. Salah satunya, pada penggunaan telur.

Dilansir dari beberapa sumber, selain segar, telur yang digunakan untuk baking lebih baik memiliki suhu ruang. Ketahui lebih banyak seputar alasan mengapa perlu menggunakan telur suhu ruang saat baking berikut ini.

Baca juga:

ilustrasi mengaduk adonan chiffon cake. shutterstock/anmannyan ilustrasi mengaduk adonan chiffon cake.

Mengapa perlu pakai telur suhu ruang saat baking?

Dilansir dari laman The Kitchn, telah dilakukan sebuah penelitian tentang kue yang dibuat dengan telur bersuhu ruang dan yang memiliki kondisi dingin.

Secara keseluruhan, para pencicip kue merasa tidak ada perbedaan yang menentu. Hanya saja, kue dari telur bersuhu ruang memiliki tekstur yang lebih halus dan merata dibandingkan dengan kue dari telur yang dingin.

Walau tidak ada perbedaan yang cukup signifikan, tetapi para pencicip menyarankan untuk menggunakan telur bersuhu ruang. Bagi kamu yang ingin membuat aneka kue, roti, atau bolu yang mengandalkan pengocokkan udara ke dalam telur.

Misalnya saja, chiffon cake atau angle cake. Pasalnya, putih telur dalam kondisi dingin tidak bisa mengocok dengan baik sehingga tekstur kue lebih padat.

ilustrasi chiffon cake. shutterstock/anmannyan ilustrasi chiffon cake.

Ditambahkan dengan laman All Recipes, telur dengan suhu ruang lebih mudah dan cepat bercampur dengan bahan lainnya sehingga bisa membuat adonan. lebih stabil dan halus.

Pasalnya, telur dengan kondisi dingin bisa menyebabkan perbedaan suhu sehingga membuat lemak mengeras dan mengental.

Ditambahkan juga dari laman Real Simple, kalau telur, mentega, dan susu dengan suhu ruang akan lebih mudah menyatu dan membentuk emulsi sehingga bisa menangkap udara dengan baik.

Tentu saja, cara tersebut bisa membuat hasil dari aneka kue atau bolu lebih ringan dan matang merata.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com