Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Kesalahan Menyimpan Ayam Mentah, Jangan Dekatkan dengan Buah atau Sayur

Kompas.com - 31/07/2023, 21:56 WIB
Yuharrani Aisyah

Penulis

KOMPAS.com - Ayam mentah dapat bertahan di dalam freezer selama sekitar sembilan bulan. Tentu dengan cara menyimpan yang tepat.

Ayam mentah mengandung beberapa jenis bakteri seperti Salmonella dan E. coli sehingga penyimpanan yang tidak tepat dapat menyebabkan penyakit bawaan makanan.

Sebelum menyimpan ayam mentah, pastikan untuk membeli ayam dengan kualitas terbaik. Beberapa ciri-ciri ayam mentah segar yaitu warnanya merah muda atau kemerahan, aromanya segar atau tidak amis, dan teksturnya elastis.

Setelah beli ayam, sebaiknya simpan dulu di dalam cooler selama perjalanan dari pasar atau supermarket ke rumah. Hal ini mencegah suhu ayam menghangat yang bisa mengembangkan bakteri.

Sampai di rumah, segera olah atau simpan ayam mentah di kulkas. Hindari melakukan kesalahan dalam menyimpan ayam seperti dikutip dari Southern Living dan All Recipes berikut.

Baca juga:

1. Menyimpan ayam mentah di atas atau samping makanan lain di kulkas

Sangat penting untuk menyimpan ayam mentah di kulkas. Namun, penting juga untuk mempertimbangkan lokasi penyimpanan ayam mentah di dalam kulkas.

Jangan simpan ayam mentah di atas atau tepat di samping makanan mentah lainnya atau makanan siap saji.

Pasalnya, cairan ayam mentah dapat secara tidak sengaja menetes ke makanan lain dan berpindah ke makanan lain. Hal itu dapat menyebarkan bakteri patogen.

Jika makanan yang terkontaminasi tidak ditangani dengan aman dan dimasak pada suhu yang aman, maka orang yang mengonsumsi makanan itu bisa sakit karena penyakit bawaan makanan.

Sebaiknya bungkus ayam dengan rapat dalam plastik dan meletakkannya di rak bawah kulkas untuk mencegah tetesan dan kontaminasi.

Ilustrasi menyimpan daging ayam di kulkas. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi menyimpan daging ayam di kulkas.

2. Membekukan ayam mentah dalam porsi besar

Menyimpan ayam mentah di dalam freezer dapat meningkatkan ketahanan ayam. Namun, hindari membungkus ayam mentah dalam porsi besar. 

Pasalnya, kamu bakal kesulitan mengambil ayam beku dalam porsi kecil untuk dimasak.

Sebaiknya, bungkus atau bagi ayam dalam porsi kecil sehingga lebih mudah diambil dan lebih cepat dicairkan.

Baca juga:

ilustrasi paha ayam atau daging ayam.SHUTTERSTOCK/Zu Kamilov ilustrasi paha ayam atau daging ayam.

3. Mencairkan ayam beku di luar kulkas

Pada suhu ruangan, bakteri pada ayam dapat berkembang biak dengan cepat. Salmonella misalnya, dapat tumbuh sangat subur pada suhu yang lebih hangat.

Jika ayam dibiarkan terlalu lama di atas meja maka bakteri bakal berkembang biak. Hal ini akan menyebabkan penyakit bawaan makanan atau keracunan makanan.

Jangan mencairkan ayam beku di atas meja atau di wastafel.

Bagian tengah ayam mungkin saja masih sedingin es tetapi bagian luarnya sudah cukup hangat untuk tempat kembang biak bakteri.

Sebaiknya, cairkan ayam di kulkas setidaknya dua hari sebelum dimasak. Cara ini bakal mencairkan ayam secara menyeluruh tanpa membarikan bakteri tumbuh karena suhunya tetap dingin di kulkas.

@my.foodplace Foodlovers pasti gak asing sama menu Ayam Bakar. Tekstur yang empuk, bumbunya meresap, bikin perut jadi laper banget ???? Nah, kali ini Foodplace mau bagiin resep Ayam Bakar Solo yang gampang banget cara bikinnya ?????? Resep ini bisa jadi ide menu makan malam keluarga juga loh. Yuk, langsung aja simak resep berikut ini! Ayam Bakar Solo 200 gram ayam 1 buah Jeruk nipis 1 sdt Garam ½ sdt Lada 5 siung Bawang merah 3 siung Bawang putih 1 sdt Ketumbar 2 butir Kemiri 1 sdt Kaldu bubuk ½ sdt Gula 5 buah Cabai merah keriting 3 buah Cabai rawit merah Minyak secukupnya 100 ml Air kelapa 3 sdm Kecap manis olesan: kecap margarin Jangan lupa follow @my.foodplace agar kamu update terus menu enak lainnya! #ayambakar #ayambakarsolo #menukeluarga #kompascom #foodplace #serunyabelajar ? SWIPE - ALYPH

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com