Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Manfaat Buah Semangka, Tak Hanya Menyegarkan

Kompas.com - 03/03/2023, 12:13 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Buah semangka biasa dihidangkan saat musim kemarau tiba untuk mengurangi dehidrasi dalam tubuh. Buah semangka memiliki kandungan air yang tinggi serta cita rasanya yang manis. 

Selain menyegarkan, buah semangka juga memiliki kandungan baik untuk tubuh. Dilansir dari majalah Sedap / ED 09 SEP 2019 penerbit Gramedia, simak 7 manfaat baik buah semangka. 

Baca juga:

1. Mencegah dehidrasi 

Air merupakan bagian terbesar dari semangka. Kandungan air dalam semangka mirip dengan cairan tubuh karena berisikan gula dan mineral yang mudah terserap. 

2. Mengandung antioksidan 

Buah semangka mengandung antioksidan jenis likopen yang bisa mengurangi risiko kanker. Kandungan likopen pada buah semangka bisa diliat dari warna merah pada buahnya. 

Semakin merah warna dari buah semangkanya, maka semakin banyak kandungan likopennya. 

3. Menurunkan tekanan darah 

Semangka sangat cocok untuk mereka yang memiliki masalah hipertensi. Semangka punya efek uretik yang bisa merangsang produksi air kemih. 

4. Buah semangka memperlancar peredaran darah 

Buah semangka mengandung sitrulin yang bisa melonggarkan pembuluh darah. Sehingga mengonsumsi buah semangka bisa membuat aliran darah menjadi lebih lancar. 

5. Mencegah penyakit pembuluh darah dan jantung

Jika kamu memakan semangka secara rutin dalam jangka yang panjang, maka semangka bisa memberikan manfaat sebagai pencegah penebalan pembuluh darah. Sehingga bisa mengurangi tubuh terkena jantung koroner. 

6. Mencegah penumpukan sel lemak 

Kandungan sitrulin pada buah semangka juga bisa membantu menjaga berat badan tetap ideal. Tak jarang, semangka banyak diolah menjadi menu diet. 

7. Sumber vitamin C

Dalam 500 gram semangka, bisa mencukupi kebutuhan vitamin C harian dalam tubuh. 

Majalah Sedap / ED 09 SEP 2019 penerbit Gramedia bisa dibeli di Gramedia.com. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com