Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Cara Membuat Udang Bakar Tidak Kering untuk Malam Tahun Baru

Kompas.com - 25/12/2022, 08:06 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Selain daging ayam, sapi, atau jagung, bahan bakaran lainnya yang biasanya disiapkan adalah udang.

Cara membuat udang bakar terbilang tricky karena jika salah langkah bisa membuat dagingnya kering dan alot. Kamu bisa simak tips membakar udang yang pas dengan tingkat kematangan lezat berikut ini.

Baca juga:

1. Cara pilih udang untuk dibakar

Dilansir dari laman The Kitchn, pilih udang berukuran besar untuk dibakar. Hal ini karena udang besar mudah dibersihkan dan proses bakarnya tidak terlalu sulit.

2. Cara kupas kulit udang

Udang bakar kupas akan lebih enak dari segi rasa dan pengalaman makan. Kamu perlu mengetahui cara kupas kulit udang dengan cepat.

Dilansir dari Buku "Kiat Memasak dan Mengolah Makanan" (2018) oleh E. Novita Penerbit Cempaka Putih, siapkan wadah bersih, belah punggung udang, keluar isi perut udang, gunakan tusuk gigi untuk mencongkel kotorannya.

3. Bumbui udang

Kamu bisa menggunakan yoghurt penuh lemak sebagai olesan udang bakar agar hasilnya lebih beraroma. Namun, kamu juga bisa menggunakan bahan sederhana lainnya seperti bawang putih atau air perasan lemon.

4. Gunakan gula pasir

Ditambahkan dari laman Serious Eats, gunakan gula pasir agar udang lebih cepat berwarna coklat. Dengan begitu, hasilnya akan lebih matang merata, tidak keras, dan warnanya coklat.

5. Rendam dengan baking soda dan garam

Setelah itu, kamu bisa memarinasi udang dengan menggunakan baking soda dan garam. Cara ini bisa membuat udang tidak mudah menyusut dan teksturnya tetap juicy setelah dibakar.

Ilustrasi Udang BakarPEXELS/VISIONPIC Ilustrasi Udang Bakar

6. Gunakan tusuk sate

Siapkan tusuk sate dan gunakan untuk menusukkan udang. Cara ini menghindari udang jatuh ke dalam pemanggang atau menghindari durasi lama saat membakar udang.

7. Tisikan udang

Saat akan memanggang udang, pastikan untuk selalu meniriskan sate udang dari bumbunya. Cara ini untuk menghindari bumbu marinasi menempel pada alat pemanggang.

8. Siapkan arang

Sebelumnya, kamu perlu menyiapkan arang dan memanaskannya hingga panas. Setelah itu, panggang udang di atas api langsung selama dua menit atau hingga salah satu sisinya berwarna merah muda.

9. Olesi dengan bumbu marinasi

Selama proses panggang, olesi udang dengan bumbu marinasi yang mengandung lemak. Cara ini bisa membuat udang berwarna coklat mengilap dan beraroma.

Buku "Kiat Memasak dan Mengolah Makanan" (2018) oleh E. Novita Penerbit Cempaka Putih bisa dibeli di Gramedia.com. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com