Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Bahan Makanan untuk Redakan Sakit Tenggorokan

Kompas.com - 26/10/2022, 10:11 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memasuki musim hujan tubuh rentan terkena flu karena faktor perubahaan cuaca. Gejala flu biasanya diawali dengan demam, sakit tenggorokan, batuk, dan pilek. 

Sakit tenggorokan tidak bisa dipandang sebelah mata, karena ini dapat berpengaruh ke nafsu makan seseorang yang cenderung menurun.

Obat sakit tenggorokan tak harus dibeli di apotek, kamu juga bisa memanfaatkan bahan-bahan dapur sebagai obat herbal. Berikut lima bahan alami yang bisa redakan sakit tenggorokan.

Baca juga:

1. Jahe 

Dikutip dari laman Healthline, jahe mengandung senyawa bioaktif, yakni fitronutrien yang memiliki efek menguntungkan bagi kesehatan. Senyawa bioaktif yang paling menonjol di dalam jahe yaitu gingerol dan shaogaol.

Studi menunjukkan senyawa ini memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi risiko sakit tenggorokan.

Selain itu jahe juga diyakini memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu melawan infeksi, termasuk bakteri yang menyebabkan sakit tenggorokan.

Ada banyak cara mengonsumsi jahe untuk mengobati sakit tenggorokan, seperti dimakan mentah, dijadikan permen jahe, dijadikan sebagai bumbu tabur untuk makanan, serta dicampur bersama teh hangat.

2. Chamomile 

Chamomile adalah salah satu jenis bunga yang kerap diseduh menjadi teh. Dikutip dari laman Healthline, chamomile merupakan salah satu obat herbal tertua di dunia.

Sudah banyak penelitian yang menunjukkan manfaat chamomile untuk mengobati berbagai kondisi. Seperti membantu melumasi tenggorokan yang sedang serak.

Ini dijelaskan dalam penelitian yang dilakukan oleh Janmejai K Srivastava dkk (2010) pada laman National Library of Medicine tentang "Chamomile: A Herbal Medicine of The Past with Bright Future".

Selain itu chamomile juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi pembengkakan dan kemerahan. Sifat antipasmodik pada chamomile pun dapat mengurangi batuk.

Menikmati secangkir teh chamomile hangat sepertinya nikmat diminum pada pagi hari dengan sedikit tambahan madu.

Teh chamomile adalah salah satu pilihan teh herbal untuk batuk lainnya. Ini sangat baik untuk melawan nyeri tenggorokan dan peradangan, terutama jika kita berkumur dengannya.SHUTTERSTOCK Teh chamomile adalah salah satu pilihan teh herbal untuk batuk lainnya. Ini sangat baik untuk melawan nyeri tenggorokan dan peradangan, terutama jika kita berkumur dengannya.

Baca juga:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com