Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Membuat Deep Dish Pizza, Kreasi Pizza Seperti Pie

Kompas.com - 21/10/2022, 16:10 WIB
Krisda Tiofani,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Cara membuat deep dish pizza sedikit berbeda dengan thin crust atau pizza tipis.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membuat deep dish pizza. Mulai dari mengistirahatkan adonan, pembuatan saus, hingga pemanggangannya.

Pemilik Giulia’s Chicago Pizzeria, Andrew Heyzer membagikan tiga cara membuat deep dish pizza di rumah yang bisa kamu ikuti berikut ini.

1. Proofing adonan deep dish pizza bila perlu

Sebelum memanggangnya, adonan deep dish pizza dapat diistirahatkan terlebih dulu selama satu atau dua hari.

Langkah ini bertujuan mengaktifkan ragi di dalam adonan pizza selama diistirahatkan.

Namun, Andrew mengatakan bahwa proofing adonan pizza bisa dilewati. Artinya, tak masalah memasak langsung adonan pizza yang baru dibuat.

"Sebenarnya dengan proofing itu biar flavor-nya lebih terasa, rasanya lebih rich. Sama saja kayak red wine atau keju, semakin lama semakin enak," kata dia saat ditemui Kompas.com di Giulia’s Chicago Pizzeria, Rabu (19/10/2022).

Baca juga:

2. Jangan lupa masak sausnya dulu

Saus untuk membuat deep dish pizza harus dimasak terlebih dulu hingga matang sebelum dioles ke adonannya.

"Kalau dimasak yang penting harus slow cook (dalam tempo lama). Pakai api kecil sampai dia mengental. Agak susah mengetahui konsistensinya, jadi jangan sampai gosong," kata Andrew.

Penting untuk memasak saus deep dish pizza hingga matang karena suhu pemanggangan yang akan dilakukan cenderung rendah, membuat sausnya kurang matang bila tidak dimasak.

3. Panggang deep dish pizza 30 menit

Deep dish pizza umumnya dipanggang menggunakan loyang berdiameter 30 sentimeter.

Selain ukurannya besar, kulit deep dish pizza juga cenderung lebih tebal dibandingkan dengan thin crust pizza sehingga harus dipanggang setidaknya selama 30 menit.

"Metode deep dish pizza ini harus pakai slow cook dengan temperatur lebih rendah cuma memasaknya lebih lama," tutur Andrew.

"Deep dish pizza ini dioven selama 30 menit dengan suhu 225 derajat Celsius. Kalau thin crust pizza lebih tinggi lagi suhunya 265-275 derajat Celsius, memanggangnya 10 menitan," tambahnya.

Baca juga:

@my.foodplace Saatnya akhir pekan, quality time bareng keluarga besar. Siapa nih yang setiap Minggu punya jadwal kumpul bareng keluarga? Biar makin akrab, kita bikin hidangan simple untuk keluarga. Yuk cobain resep tempe mendoan yang simple tapi enak banget. Bisa jadi hidangan simple untuk keluarga ataupun jadi ide jualan yang laris manis, loh???? #fyp #tempemendoanviral #resepmasakanrumahan #mendoanviral ? Dino Song - Mr. Popolo
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com