Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/09/2022, 17:16 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemilihan jenis alat masak di dapur saat ini tidak hanya mempertimbangkan alat dari segi fungsional, tetapi juga dari segi kenyamanan dan keamanan.

Ada banyak jenis bahan dasar alat masak yang saat ini beredar di  pasaran, seperti alat masak berbahan besi, kayu, bambu, dan silikon.

Silikon merupakan alat masak yang keberadaannya saat ini cukup populer. Tidak hanya unggul dari segi fungsional dan rupa, tetapi silikon juga unggul dari segi efisiensi karena mudah dibersihkan.

Dikutip dari laman Times of India, silikon pada dasarnya ialah karet sintetis yag dibuat dari gabungan silikon, oksigen, dan karbon yang terikat dalam rasio tertentu. 

Semua unsur yang menjadi dasar pembuatan silikon  terbentuk secara alami dan biasanya aman untuk digunakan. Benarkah demikian?

Baca juga:

Alat masak silikon aman menurut FDA

Alat masak silikon bisa dibersihkan dengan detergen dan soda kue. SHUTTERSTOCK/Antonina Vlasova Alat masak silikon bisa dibersihkan dengan detergen dan soda kue.

Silikon dioksida ialah elemen dasar yang digunakan dalam pembuatan peralatan masak silikon. Alat masak silikon adalah salah satu peralatan masak yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.

Bahkan keamanan silikon dioksida sudah diakui oleh Food and Drug Administration (FDA) sejak 1979, dan alat masak silikon pertama yakni spatula dijual pertama kalinya pada 1980-an.

Ahli Gizi Swati Bathwal juga mengatakan bahwa alat masak berbahan silikon memang aman digunakan untuk memasak, terutama untuk memanggang makanan. 

Ia menilai alat berbahan silikon lebih baik dijadikan pilihan saat memanggang dibanding aluminium,  baja tahan karat ( stainless steel), dan panci antilengket.

Menambahkan dari laman Leaf tv, karet silikon bersifat inert atau tidak reaktif, artinya tidak megeluarkan asap apapun, tidak larut di dalam makanan, serta tidak menimbulkan resiko kesehatan apapun.

Meskipun dinilai aman sebagai peralatan memasak, akan tetapI kamu harus cerdas memilih dan menggunakan paralatan silikon.

Bila ingin memasak menggunakan peralatan berbahan silikon, pastikan kualitas silikon bagus. Alat masak silikon yang bagus biasanya dilapisi senyawa food grade, senyawa ini berperan memastikan tidak ada bahan kimia yang larut ke dalam makanan. 

Gunakan alat masak silikon sesuai dengan standar operasional yang sudah ditentukan, yakni aman dimasukkan ke freezer dan  bersifat tahan panas pada suhu maksimal 220 derajat Celsius. 

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com