Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

35 Tempat Makan di Bandung untuk Sarapan hingga Makan Malam

Kompas.com - 18/09/2022, 13:19 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Kalau sedang mengunjungi suatu tempat akan terasa kurang, jika tidak mencicipi aneka kulinernya. Begitu pun saat berada di Bandung. 

Ada sederet tempat makan enak di Bandung yang punya cita rasa khas dengan harga yang bervariasi, pilihannya pun juga banyak. 

Seperti 35 rekomendasi restoran di Bandung yang cocok untuk dikunjungi saat berada di sana. Rasanya nempel terus di lidah. 

Baca juga:

1. Dapoer Pandan Wangi

Dapoer Pandan Wangi Patuha berlokasi di Jalan Patuha Nomor 38, Lingkar Selatan, Kecamatan Lengkong. Dapoer Pandan Wangi buka setiap hari, pukul 10.00 sampai 22.00 WIB.

Dapoer Pandan Wangi menyediakan pilihan tempat duduk dan lesehan semi outdoor. Dapoer Pandan Wangi memiliki menu hidangan Tumis Campur, Hampas Kecap, Sop Gurame, Tumpeng Nasi Liwet, Es Jeruk, Es Susu Soda, dan Es Teh Tawar.

Harga per menu di Doper Pandan Wangi mulai Rp 3.000 sampai Rp 86.000.

2. Rumah Makan Saung T&T

Rumah Makan Saung T&T berlokasi di Jalan Ciloa KM 3, Pasirhalang, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Buka dari pukul 10.00-20.00 WIB.

Tempat makan siang di Bandung Barat yang pertama ini menawarkan makan lesehan dengan nuansa yang homey.

Cocok untuk tempat makan keluarga atau titik temu kangen bersama teman lama.

Ada menu makan seperti Ayam Bakar, Ayam Kampung Goreng, dan Lele Goreng dengan harga mulai dari Rp 15.000-45.000.

3. Batagor Kingsley

Tempat makan batagor enak di Bandung yang pertama adalah Batagor Kingsley. Lokasinya berada di Jalan Veteran Nomor 25, Kb. Pisang, Sumur Bandung, Kota Bandung. Buka dari pukul 08.30-18.30 WIB.

Ada menu Batagor Goreng, Batagor Campur Goreng, Batagor Baso Kuah yang bisa kamu pesan dengan harga mulai dari Rp 30.000.

Selain batagor, ada menu makan mengenyangkan yang juga kamu pilih seperti Bihun Goreng Seafood, Chicken Katsu dan Nasi, Nasi Goreng Kambing dengan harga mulai dari Rp 37.500-55.000.

4. Sha-Waregna

Sha-Waregna berlokasi di Jalan Sindang Sindang Sirna Nomor 21, Gegerkalong, Sukasari, Kota Bandung. Buka dari pukul 11.00-20.00 WIB.

Sesuai dengan namaya yang berarti makan sampai kenyang. Kamu bisa menikmati aneka menu masakan khas Indonesia hingga kenyang di sini. Harga per orang mulai dari Rp 66.000 untuk dewasa dan Rp 37.000 untuk anak usia 3-10 tahun.

Menunya seperti Nasi Goreng, Baso Malang, Baso Tahu Siomay, Mie Ayam, dan Cuankie.

Baca juga:

5. Aspasia Coffe

Apakah kamu menyukai tempat makan yang menyatu dengan alam? Kamu bisa berkujung ke Aspasia Coffe. Tempat makan ini memberikan suasana sejuk dan asrinya daerah sekitar Tangkuban Perahu.

Lokasinya ada di kawasan Orchid Forest, tepatnya di Jalan Raya Tangkuban Parahu, Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Tempat ini cocok untuk kamu yang ingin menyejukkan mata dengan pemandangan hamparan hutan pinus di daerah Cikole. Di sini kamu bisa menghangatkan tubuh dengan secangkir kopi arabica Ciwidey.

Selain itu juga ada piza, pasta, sop buntut, dan aneka camilan aci-acian khas Bandung. Harga makanan dan minuman di Aspasia Coffe ini mulai dari Rp 16.000.

Apabila kamu ingin berkunjung, tempat makan ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Khusus akhir pekan, Aspasia Coffe buka hingga pukul 19.00 WIB.

6. Soto Bandung M. Tarya

Tempat makan soto enak di Bandung yang pertama ada di Jalan Sawah Kurung Nomor 16, Regol, Kota Bandung. Buka dari pukul 08.00-21.00 WIB.

Sajian dari soto bandung ini terdiri dari sayur lobak, daging sapi tetelan dan has dalam, kacang kedelai goreng, irisan bawang daun, seledri, dan taburan bawang goreng.

Harga per porsi soto bandung dibenderol sebesar Rp 42.000 untuk dua orang.

7. Bakso Aci Masjay

Salah satu tempat makan bakso aci terkenal di Bandung ini berdiri pada 2017. Bakso Aci Masjay memiliki konsep ruang makan yang nyaman dan estetik dengan kapasitas hingga 50 orang.

Kamu bisa memesan aneka bakso aci di Bakso Aci Masjay, mulai dari bakso aci kuah rempah membara, bakso aci goreng, bakso aci kuah rempah nusantara, dan bakso aci kuah rempah merapi.

Satu porsi bakso aci dengan ragam kuah tersebut dibanderol seharga Rp 20.000-an. Jika ingin tambah topping bakso aci dengan sukro, ceker, kikil, atau tulang ayam, kamu perlu merogoh kocek mulai dari Rp 2.000 sampai Rp 9.000.

Tidak hanya bakso aci, Bakso Aci Masjay juga menjual hidangan lain, yaitu cuanki, seblak, mi jeletot, ceker ayam jeletot, dan bakwan malang mulai dari Rp 16.000 hingga Rp 25.000.

Bakso Aci Masjay terletak di Jalan Pahlawan Nomor 43 Bandung, Jawa Barat dan buka setiap hari mulai pukul 10.30-19.00 WIB selama Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa Barat.

Jika tidak sempat datang ke Bakso Aci Masjay, kamu bisa pesan menu Bakso Aci Masjay melalui ojek online.

Tidak perlu khawatir untuk kamu yang berada di luar Bandung, kamu juga bisa memesan menu Bakso Aci Masjay dalam bentuk kemasan instan melalui e-commerce.

8. Sate Kardjan

Tempat makan di Bandung yang pertama adalah Sate Kardjan. Menjajakan aneka menu sate yang banyak diburu, salah satu yang terkenal adalah sate buntel.

Namun, ada menu sate ayam yang bisa kamu coba dengan bumbu kacang yang mantap. Harga per porsi sate ayam dibanderol sekitar Rp 42.000.

Selain sate ayam, kamu bisa menikmati aneka menu sate lainnya seperti sate sapi dan sate goreng kambing dengan harga mulai dari Rp 35.000.

Lokasinya Sate Kardjan berada di Jalan Pasar Kaliki Nomor 32, Arjuna, Cicendo, Bandung. Buka dari pukul 11.00-22.30 WIB.

9. Nasi Bancakan Wassalam Abah Barna

Restoran Sunda yang ada di Jalan Trunojoyo Nomor 62, Citarum, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung ini menyajikan beragam menu masakan Sunda yang lezat.

Salah satunya ialah nasi liwet sunda. Lauk yang disajikan juga cukup lengkap, mulai dari burung puyuh goreng, aneka tumisan, hingga aneka sambal, dan lalapan.

Harga makanannya pun tidak terlalu mulai, sekitar Rp 15.000 sampai Rp 30.000. Restoran juga cukup besar, jadi kamu bisa datang beramai-ramai dengan keluarga atau teman dekat.

Jika ingin mencoba, bisa datang pukul 10.00 sampai 22.00 WIB. Namun sebaiknya jangan datang tepat di jam makan siang, karena biasanya sedang ramai pengunjung.

10. Bakso Rusuk Samanhudi Dago

Rekomendasi bakso enak di Bandung yang pertama ini menyajikan menu bakso urat, telor, urat tanggung, rudal, dan mercon buat kamu yang suka masakan pedas.

Harga per mangkuk bakso dibanderol mulai dari Rp 30.000. Kalau tambah rusuk pada setiap menunya dikenai biaya mulai dari Rp 40.000.

Tidak hanya menjual bakso kuah tapi juga bakso goreng dengan harga mulai dari Rp 11.000 per mangkuknya.

Lokasi Bakso Rusuk Samanhudi Dago berada di Jalan Ir. H. Juanda Nomor 342, Dago Atas, Bandung. Buka dari pukul 09.00-22.00 WIB.

11. Ayam Bakar Wongsolo

Menawarkan menu ayam bakar dengan aneka sambal yang bisa kamu pilih. Selain ayam bakar, kamu bisa memilih menu bakar atau goreng lainnya seperti ikan lele, ikan nila, dan seafood.

Ada menu ayam bakar rica pedas yang bisa kamu pesan dengan harga mulai Rp 25.000. Menu ayam bakar bandung dan kampung bisa jadi alternatif menu lainnya dengan harga mulai Rp 29.000.

Lokasi Ayam Bakar Wongsolo berlokasi di Jalan L. L. R.E. Martadinata Nomor 152, Merdeka, Sumur Bandung. Buka dari pukul 10.00-22.00 WIB.

12. Rumah Makan Manjabal

Rumah makan manjabal berlokasi di Jalan Terusan Pasirkoja Nomor 151, Jamika, Kecamatan Bojongloa Kaler. Rumah Makan Manjabal buka setiap hari pukul 09.00 sampai 21.00 WIB.

Rumah Makan Manjabal mempunyai tempat lesehan untuk keluarga besar yang luas. Rumah Makan Manjabal memiliki menu hidangan yaitu Nasi Liwet, Gurame Bakar Kecombrang, Karedok Campur, Sop Buntut, Teh Susu, Aneka Jus, dan Jeruk Panas.

Harga per menu di Rumah Makan Manjabal mulai Rp 7.000.

13. Nasi Goreng Bistik Sawah Kurung

Nasi Goreng Bistik Sawah Kurung terbilang unik karena menyajikan nasi goreng lengkap dengan bistik ayam, kentang goreng, dan buncis.

Selain itu kamu juga bisa pesan nasi goreng mozarella atau sambal matah Nasi goreng ini cocok untuk kamu yang ingin mencoba nasi goreng versi baru.

Nasi Goreng Bistik Sawah Kurung beralamat di Jalan Sawah Kurung Raya No.11 B. Buka setiap hari dari pukul 11.00-22.00 WIB.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com