Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Siapkan Menu Anak Kos yang Ingin Masak Sendiri

Kompas.com - 09/09/2022, 11:09 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Bagi anak kos yang ingin memasak sendiri, kamu bisa mengikuti tips persiapan membuat menu masakan yang praktis agar menu makan yang dikonsumsi punya gizi seimbang. 

Seperti mengkreasikan aneka menu bahan masakan dengan cara mengolah yang berbeda-beda. Dilansir dari buku "26 Resep Masakan Untuk Anak Kos" (2013) oleh Dapur Aliza terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, ada tips mempersiapkan menu masakan untuk konsumsi gizi anak kos. 

Baca juga:

1. Susun menu dalam seminggu 

Luangkan waktu sekitar 30 menit hingga satu jam untuk menyusun menu dalam seminggu. Jadi, kamu bisa membuat anggaran belanja untuk menu tersebut. Belanja ke pasar atau supermarket selama satu minggu sekali untuk menghemat tenaga dan waktu. 

2. Simpan bahan makanan dengan tepat 

Ada cara menyimpan bahan makanan agar tetap segar berhari-hari yaitu di kulkas. Simpan bahan makanan di kulkas dan simpan menurut jadwal menu yang sudah ditentukan. 

Kamu bisa menyiapkan jagung yang sudah dipipil dan wortel yang sudah dipotong dalam satu kotak dan simpan di freezer untuk menjaga kesegarannya. 

Selain itu, kamu juga bisa menyiapkan air kaldu untuk penyedap masakan dan simpan dalam kulkas. 

Mie setan ala anak kos ala Instagram @my.foodplace. KOMPAS.com/RODERICK ADRIAN MOZES Mie setan ala anak kos ala Instagram @my.foodplace.

3. Bikin lauk kering

Kalau kamu tipe anak kos yang tidak punya banyak waktu untuk memasak dua kali dalam sehari, buatlah lauk kering. Masak lauk kering seperti ayam bumbu kuning yang bisa disimpan berhari-hari dalam kulkas. 

4. Masak beberapa bahan makanan dalam satu bumbu 

Pada saat memasak ayam bumbu kuning, kamu juga bisa menambahkan tempe dan tahu untuk disimpan kemudian digoreng bersama agar lauk makan lebih bervariasi. Kamu juga bisa gunakan telur sebagai isian tambahan. 

5. Miliki alat masak sederhana dengan beragam fungsi 

Kamu bisa membeli magic com yang punya banyak fungsi bukan hanya memasak beras tapi juga mengukus sayuran atau menumis bumbu nasi goreng. 

6. Siapkan bumbu siap saji

Gunakan satu hari untuk membuat bumbu merah, kuning, dan putih agar waktu memasak, jadi lebih singkat. 

Buku "26 Resep Masakan Untuk Anak Kos" (2013) oleh Dapur Aliza terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com