Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resep Lapis Legit Lembut dan Lembab, Perhatikan Penggunaan Telur

Kompas.com - 09/09/2022, 10:11 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Lapis legit merupakan bolu yang biasa dihidangkan saat Imlek. Bolu dengan lapisan yang banyak ini memang dibuat dengan memanggang satu per satu lapisan adonan. 

Harga kue lapis legit pada saat perayaan Imlek ada yang menjual per satu loyang hingga 1 juta rupiah. Hal ini tentu saja sebanding dengan rasa, aroma, dan tekstur yang diberikan, mengingat pengerjaannya masih manual dan membutuhkan waktu yang banyak. 

Simak cara membuat kue lapis legit yang lembut dan lembab berminyak dari buku "200 Resep Homemade Cakes & Cookies" (2016) oleh Sufi S.Yahyono terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. 

Baca juga:

Resep lapis legit

Bahan I (Campur rata dan ayak)

  • 175 gram tepung terigu 
  • 25 gram susu bubuk 
  • 1/2 sdt vanili bubuk 

Bahan II (Campur, kocok hingga mengental)

  • 16 butir kuning telur
  • 4 butir putih telur
  • 250 gram gula pasir butir halus

Bahan III (Kocok hingga lembut)

  • 175 gram mentega 
  • 100 gram margarin

Bahan IV (Campur, aduk, dan ayak)

  • 1 sdm bumbu spekoek, bubuk siap pakai 
  • 1 sdm kayu manis bubuk 
  • 1 sdm cokelat bubuk 

Cara membuat lapis legit 

  1. Siapkan loyang persegi empat ukuran 20 cm, olesi margarin tipis, alasi sekitar dua lembar kertas roti, olesi dengan margarin tipis. 
  2. Siapkan oven dan panaskan dengan api sedang. 
  3. Siapkan wadah bersih, tambahkan bahan satu secara bertahap dengan bahan dua. Aduk hingga tercampur rata, masukkan mentega kocok, aduk rata kembali. 
  4. Tuang sekitar dua sendok sayur adonan ke dalam loyang, ratakan permukaannya, panggang dalam oven, gunakan api bawah selama lima menit. Keluarkan dari oven, tekan, dan taburi bahan empat dengan cara diayak tipis, tuang adonan, panggang, tekan, dan lakukan proses hingga adonan habis. 
  5. Beri lapisan paling atas dengan buah prunes sesuai selera. Panggang dengan api atas bersuhu sekitar 180 derajat celsius. Angkat dan biarkan dingin, potong sebelum disajikan. 

Buku "200 Resep Homemade Cakes & Cookies" (2016) oleh Sufi S.Yahyono terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com