Kompas.com - 02/07/2022, 14:07 WIB

KOMPAS.com - Cobek batu merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang masih sering digunakan hingga saat ini. Kegunaan utama cobek adalah menghaluskan bumbu dan rempah.

Kamu bisa membeli cobek batu di beberapa pasar dan toko peralatan dapur. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli cobek batu asli yang berkualitas baik.

Setidaknya, ada lima cara memilih cobek batu asli berkualitas yang bisa kamu simak sebelum membeli, seperti berikut ini.

Baca juga:

1. Lihat warna cobek

Cara memilih cobek batu asli yang pertama adalah melihat warnanya. Menurut Giswari Rismanisa, pemilik usaha Cobek Batu Asli Magelang by Gisfan Artstone, warna cobek batu asli biasanya abu-abu.

"Kalau cobek semen awalnya berwarna hitam gitu kan, yang saya tahu ada yang cerita, cobek semen cor itu juga ada yang ditambah zat pewarna biar hitam, tetapi lama-lama digunakan akan luntur," ujar Giswari.

2. Pegang permukaan cobek

Kamu bisa memegang permukaan cobek untuk memastikan kualitas cobek batu yang bagus dan awet.

Menurut Giswari, cobek batu yang bagus biasanya terasa padat, halus, dan memiliki pori-pori.

Baca juga:

3. Angkat cobek

Coba angkat alat mengulek bumbu ini untuk memastikan kualitas cobek batunya, seperti saran Corporate Chef Parador Hotel & Resorts Gatot Susanto.

Gatot mengatakan, jenis dan berat batu yang digunakan untuk membuat cobek beragam. Namun, cobek batu bagus biasanya terasa lebih berat saat diangkat.

Berbeda dengan cobek semen yang terasa lebih enteng daripada cobek batu asli.

"Ulekannya (cobek semen) juga biasanya mudah tergores karena gak keras, memang pembuatan biasanya lebih praktis, gak dipahat kayak cobek batu," katanya saat dihubungi Kompas.com, Selasa (28/6/2022).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.