Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/06/2022, 21:03 WIB
Krisda Tiofani,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Keju merupakan salah satu produk olahan susu yang kaya akan kandungan gizi.

Meski baik bagi kesehatan, ada batas maksimal mengonsumsi keju yang disarankan oleh ahli gizi.

"Berdasarkan penelitian, mengonsumsi keju 40 gram per hari bisa menurunkan risiko terhadap penyakit jantung," ujar ahli gizi Angel Jovi, S.Gz saat ditemui Kompas.com dalam konferensi pers peluncuran Prochiz Cheddar Royale, di Hotel Shangri-La Jakarta, Rabu (15/6/2022).

Batas mengonsumsi keju harian tersebut bisa saja berbeda pada beberapa orang dengan kondisi khusus, seperti pegiat diet, anak-anak, dan orang dengan penyakit tertentu.

"Kayak orang yang mau menaikkan berat badan, bisa aja mungkin 50 gram, sekitar 40-60 gram per hari. Angka 40 gram itu sehari jika dikonsumsi setiap hari," kata Angel.

Menurutnya, tidak masalah bila makan lebih dari 50 gram keju sehari bila hanya mengonsumsi keju pada hari-hari tertentu, misalnya, satu kali atau dua kali dalam seminggu.

Baca juga:

Sumber kalsium paling baik

ilustrasi donat topping keju parut. shutterstock/Muhammad Senopati ilustrasi donat topping keju parut.

Angel menuturkan, konsumsi kalsium rata-rata orang Indonesia masih belum maksimal. Padahal menurutnya, kalsium merupakan mineral penting yang penting bagi kesehatan.

"Kasiumnya malah kurang karena kebiasaan orang Indonesia jarang minum susu. Kalau pagi minumnya teh manis," kata Angel.

Pemenuhan kebutuhan kalsium tidak hanya melalui susu. Menurut Angel, keju juga dapat menjadi sumber kalsium utama yang bisa dikonsumsi setiap hari.

Bahkan, keju memiliki keunggulan dibandingkan dengan sumber kalsium lainnya. Salah satunya adalah memiliki rasa yang enak sehingga disukai banyak orang.

"Keunggulan lainnya, keju lebih mudah dicampurkan dengan bahan makanan lainnya. Buat yang bosan sama susu, bisa diganti dengan keju," ujar Angel.

Baca juga:

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com