Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Bahan Pengganti Telur untuk Bikin Kue, Salah Satunya Larutan Maizena

Kompas.com - 07/02/2022, 12:06 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Telur merupakan bahan krusial dalam pembuatan kue. Sebab bahan ini bisa bantu mengempukkan maupun melembutkan adonannya.

Walau fungsi telur dalam baking cukup penting tapi bahan ini bisa digantikan dengan alternatif lainnya. Khususnya jika kamu ingin membuat kue vegan.

Baca juga:

Dikutip dari “Seri Kue Sehat Favorit: Tanpa Telur” (2014) oleh Ide Masak terbitan PT Gramedia Pustaka Utama dan sumber lainnya berikut tujuh bahan pengganti telur untuk bikin kue.

1. Pisang

Pisang dapat digunakan sebagai pengganti telur untuk baking. Untuk takarannya, sekitar setengah buah pisang yang dihaluskan bisa menggantikan satu butir telur.

Ilustrasi tepung maizena yang terbuat dari pati jagung. SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIO Ilustrasi tepung maizena yang terbuat dari pati jagung.

2. Tepung maizena

Bahan pengganti telur lainnya yaitu tepung maizena. Namun sebelum digunakan kamu perlu melarutkannya dengan air.

Takaran yang dianjurkan yakni satu sendok makan maizena yang dilarutkan dengan dua sampai tiga sendok makan air bisa menggantikan satu butir telur.

Baca juga:

3. Tahu

Selain dimasak, tahu pun dapat menjadi pengganti telur untuk bikin kue. Khususnya tahu yang tekstur lembut seperti tahu sutra atau tahu susu.

Rasio takarannya yaitu 25 gram gram tahu untuk menggantikan satu butir telur.

Baca juga:

4. Biji chia 

Manfaat chia seed untuk diet sebagian karena kandungan seratnya yang tinggi, yakni sekitar 9,75 gram per porsi 28 gram.PIXABAY/SEMSEMS Manfaat chia seed untuk diet sebagian karena kandungan seratnya yang tinggi, yakni sekitar 9,75 gram per porsi 28 gram.

Dilansir dari The Kitchn, satu sendok makan biji chia yang direndam dengan tiga sendok makan air bisa menggantikan satu butir telur untuk baking.

Penggunaan biji chia ini cocok untuk kue panggang yang butuh tekstur, misalnya muffin. Jika tidak ada biji chia bisa juga pakai flex seed dengan penggunaan yang sama. 

Baca juga: Apa Bedanya Biji Selasih dan Biji Chia?

5. Air berkarbonasi

Air berkarbonasi atau soda dapat membantu mengembangkan adonan kue. Oleh karenanya, kamu pun bisa memakainya sebagai pengganti telur.

Takaran yang disarankan yaitu seperempat cangkir air soda untuk menggantikan satu telur besar.

Baca juga:

Jika dibandingkan dengan bahan pengganti lainnya, rasa dan tekstur kue yang dimasak dengan air soda lebih lembut dan lembab.

Baking soda dan baking powder sama-sama sering digunakan untuk memasak, terutama membuat kue. Tapi baking soda dan baking powder ternyata punya fungsi berbeda.PEXELS/NICOLE MICHAOLU Baking soda dan baking powder sama-sama sering digunakan untuk memasak, terutama membuat kue. Tapi baking soda dan baking powder ternyata punya fungsi berbeda.

6. Cuka dan baking powder

Dikutip dari Taste of Home , cuka dan baking powder adalah kombinasi terbaik untuk menggantikan telur. Terutama pada kue vegan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com