Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merek Penyedap Rasa Ini Hadirkan Dapur Sehat untuk Atasi Stunting

Kompas.com - 27/01/2022, 15:37 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagai bentuk realisasi program mengatasi angka stunting di Indonesia, Royco bersama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) akan mengadakan program Dapur Sehat Atasi Stunting atau disebut juga dengan DASHAT.

Program ini dilakukan melalui kegiatan pemberdayaan masyarakat di tingkat desa atau kelurahan sebagai upaya pemenuhan gizi seimbang bagi keluarga berisiko stunting.

Deputi Bidang Pelatihan, Penelitian, dan Pengembangan BKKBN M Rizal M.Damanik mengatakan bahwa nantinya setiap keluarga yang berisiko terkena stunting akan dihidangkan makanan oleh tim DASHAT di setiap desa.

Makanan yang disajikan disesuaikan dengan makanan lokal yang ada di daerah tersebut. Sehingga masyarakat bisa mengenali makanan yang mereka santap.

"Dalam upaya mengatasi stunting, DASHAT itu didirikan supaya masyarakat Indonesia familier dengan makanan yang sudah mereka kenal. Tetapi tentu saja makanan tersebut (yang disajikan) sudah dievaluasi dan dielaborasi oleh ahli gizi di lokasi setempat," kata Rizal pada acara Konferensi Pers memperingati Hari Gizi Nasional bersama Royco, Selasa (25/1/2022).

Baca juga:

Dokumentasi kolaborasi Royco dan BKKBN cegah stuntingDok. Royco Dokumentasi kolaborasi Royco dan BKKBN cegah stunting

Rizal mengatakan program ini akan direlisasikan di 34 provinsi di Indonesia. Nantinya di setiap provinsi akan ada tim DASHAT yang ditempatkan di berbagai desa.

"Tim Dashat di setiap desa terdiri dari tiga orang, yakni bidan, ibu RT atau ibu RW, dan tim koordinator. Tim ini nantinya akan ditugaskan mengolah makanan untuk keluarga yang sudah ditentukan," katanya.

Ia mengatakan sebelumnya BKKBN sudah melakukan pendataan keluarga di seluruh Indonesia yang berpotensi terkena stunting. Data tersebut nantinya akan ditindaklanjuti oleh tim DASHAT.

Resep makanan bernutrisi yang akan diperkenalkan kepada masyarakat ini nantinya akan dibukukan dan didistribusikan kepada seluruh tim DASHAT yang ada di Indonesia.

Buku resep ini tidak hanya bermanfaat untuk setiap keluarga melainkan juga bisa menambah ide dan pengetahuan kepada tim DASHAT tentang variasi menu yang akan mereka hidangkan untuk keluarga berisiko stunting nantinya.

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com