Kompas.com - 27/01/2022, 15:37 WIB
Ilustrasi salah satu menu sehat untuk program DASHAT Dok. RoycoIlustrasi salah satu menu sehat untuk program DASHAT

KOMPAS.com - Sebagai bentuk realisasi program mengatasi angka stunting di Indonesia, Royco bersama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) akan mengadakan program Dapur Sehat Atasi Stunting atau disebut juga dengan DASHAT.

Program ini dilakukan melalui kegiatan pemberdayaan masyarakat di tingkat desa atau kelurahan sebagai upaya pemenuhan gizi seimbang bagi keluarga berisiko stunting.

Deputi Bidang Pelatihan, Penelitian, dan Pengembangan BKKBN M Rizal M.Damanik mengatakan bahwa nantinya setiap keluarga yang berisiko terkena stunting akan dihidangkan makanan oleh tim DASHAT di setiap desa.

Makanan yang disajikan disesuaikan dengan makanan lokal yang ada di daerah tersebut. Sehingga masyarakat bisa mengenali makanan yang mereka santap.

"Dalam upaya mengatasi stunting, DASHAT itu didirikan supaya masyarakat Indonesia familier dengan makanan yang sudah mereka kenal. Tetapi tentu saja makanan tersebut (yang disajikan) sudah dievaluasi dan dielaborasi oleh ahli gizi di lokasi setempat," kata Rizal pada acara Konferensi Pers memperingati Hari Gizi Nasional bersama Royco, Selasa (25/1/2022).

Baca juga:

Dokumentasi kolaborasi Royco dan BKKBN cegah stuntingDok. Royco Dokumentasi kolaborasi Royco dan BKKBN cegah stunting

Rizal mengatakan program ini akan direlisasikan di 34 provinsi di Indonesia. Nantinya di setiap provinsi akan ada tim DASHAT yang ditempatkan di berbagai desa.

"Tim Dashat di setiap desa terdiri dari tiga orang, yakni bidan, ibu RT atau ibu RW, dan tim koordinator. Tim ini nantinya akan ditugaskan mengolah makanan untuk keluarga yang sudah ditentukan," katanya.

Ia mengatakan sebelumnya BKKBN sudah melakukan pendataan keluarga di seluruh Indonesia yang berpotensi terkena stunting. Data tersebut nantinya akan ditindaklanjuti oleh tim DASHAT.

Resep makanan bernutrisi yang akan diperkenalkan kepada masyarakat ini nantinya akan dibukukan dan didistribusikan kepada seluruh tim DASHAT yang ada di Indonesia.

Buku resep ini tidak hanya bermanfaat untuk setiap keluarga melainkan juga bisa menambah ide dan pengetahuan kepada tim DASHAT tentang variasi menu yang akan mereka hidangkan untuk keluarga berisiko stunting nantinya.

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.