Kompas.com - 18/01/2022, 21:36 WIB

KOMPAS.com - Pemanfaatan robot untuk memudahkan pekerjaan kali ini tidak hanya sebatas imajinasi masa depan.

Di Pasar Baru, Jakarta Pusat, ada sebuah kafe yang menghadirkan robot untuk membantu mengantarkan pesanan kepada pembeli.

Tepatnya di Rasa Koffie, lokasinya di Jalan Pintu Air Raya Nomor 42, RT 6/ RW 1 Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat.

Mengetahui lebih lanjut terkait robot kafe di Rasa Koffie, Kompas.com berkesempatan untuk berbincang bersama barista Rassa Koffie Loren.

Baca juga:

Minimalisasi kontak dengan pengunjung

Barista di Rasa Koffie tengah mengoperasikan KittybotDok. Kompas.com/ Suci Wulandari Putri Barista di Rasa Koffie tengah mengoperasikan Kittybot

Loren mengatakan, robot kafe ini dihadirkan guna meminimalisasi kontak antara petugas kafe dan pengunjung.

Robot kafe ini pada awalnya memang direncanakan untuk membantu melayani pengunjung sejak Rasa Koffie dibuka pada Maret 2021, tetapi baru bisa direalisasikan pada September 2021.

"Dari awal berdiri memang sudah ada wacana (menghadirkan robot), tetapi melihat pandemi semakin nyata, memang dibutuhkan dalam rangka mendukung protokol kesehatan," kata Loren saat dihubungi pada Senin (17/1/2022).

Robot kafe ini bernama Kittybot, diciptakan oleh sebuah startup robotik di Shenzhen, China, bernama Pudu.

Bak seorang pelayan, robot ini nantinya akan membantu petugas kafe untuk mengantar pesanan ke meja pengunjung yang sudah diatur secara sistematis oleh barista.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.