Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minimalisasi Kontak, Kafe di Pasar Baru Gunakan Robot Pramusaji

Kompas.com - 18/01/2022, 21:36 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemanfaatan robot untuk memudahkan pekerjaan kali ini tidak hanya sebatas imajinasi masa depan.

Di Pasar Baru, Jakarta Pusat, ada sebuah kafe yang menghadirkan robot untuk membantu mengantarkan pesanan kepada pembeli.

Tepatnya di Rasa Koffie, lokasinya di Jalan Pintu Air Raya Nomor 42, RT 6/ RW 1 Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat.

Mengetahui lebih lanjut terkait robot kafe di Rasa Koffie, Kompas.com berkesempatan untuk berbincang bersama barista Rassa Koffie Loren.

Baca juga:

Minimalisasi kontak dengan pengunjung

Barista di Rasa Koffie tengah mengoperasikan KittybotDok. Kompas.com/ Suci Wulandari Putri Barista di Rasa Koffie tengah mengoperasikan Kittybot

Loren mengatakan, robot kafe ini dihadirkan guna meminimalisasi kontak antara petugas kafe dan pengunjung.

Robot kafe ini pada awalnya memang direncanakan untuk membantu melayani pengunjung sejak Rasa Koffie dibuka pada Maret 2021, tetapi baru bisa direalisasikan pada September 2021.

"Dari awal berdiri memang sudah ada wacana (menghadirkan robot), tetapi melihat pandemi semakin nyata, memang dibutuhkan dalam rangka mendukung protokol kesehatan," kata Loren saat dihubungi pada Senin (17/1/2022).

Robot kafe ini bernama Kittybot, diciptakan oleh sebuah startup robotik di Shenzhen, China, bernama Pudu.

Bak seorang pelayan, robot ini nantinya akan membantu petugas kafe untuk mengantar pesanan ke meja pengunjung yang sudah diatur secara sistematis oleh barista.

Sesuai dengan namanya, bagian kepala Kittybot didesain layaknya kepala kucing, lengkap dengan telinga kucing yang menonjol di kedua sisi kepala robot.

Robot ini tidak hanya mengantar makanan kepada pengunjung, tetapi juga memberi reaksi berupa sapaan saat menghantarkan makanan.

Seperti mengucapkan kalimat "here i am " saat pesanan akan diantar, dan kalimat "your hands are really warm " ketika pengunjung mengelus kepala robot sebagai tanda ucapan terima kasih karena sudah dilayani.

Layaknya seekor kucing, robot ini marah ketika bagian telinganya disentuh. Ia akan mengatakan "don't touch my ears" sembari menunjukkan ekspresi marah pada layar yang ada di bagian kepala.

Baca juga:

Sistem kerja Kittybot

Robot kafe Kittybot yang membantu mengantar pesanan di Rasa KoffieDok. Kompas.com/ Suci Wulandari Putri Robot kafe Kittybot yang membantu mengantar pesanan di Rasa Koffie

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com