Kompas.com - 17/01/2022, 19:12 WIB
Restoran Waytuki Vegetarian di Pasar Baru Dok. Kompas.com/ Suci Wulandari PutriRestoran Waytuki Vegetarian di Pasar Baru

KOMPAS.com - Bicara mengenai makanan vegetarian tentu tak lepas dari berbagai jenis makanan yang menunjang kesehatan tubuh.

Vegetarian ialah sebutan untuk orang yang tidak mengonsumsi daging  karena alasan agama atau kesehaan dan beralih ke makanan berbahan dasar sayur dan hasil tumbuhan.

Makanan vegatarian biasanya dianggap sebagai makanan yang memiliki cita rasa tidak terlalu enak, khususnya untuk kelompok orang yang terbiasa mengonsumsi makanan hewani.

Namun tidak selamanya makanan vegetarian itu tidak enak, jika diolah dengan cara yang tepat, maka akan menghasilkan cita rasa makanan yang menggugah selera.

Di Jakarta, tepatnya di Pasar Baru terdapat restoran yang khusus menyediakan menu vegetarian, bernama Waytuki Vegetarian.

Kompas.com berkesempatan untuk berbincang melalui sambungan telepon bersama pemilik sekaligus pengelola Waytuki Vegetarian Subhik.

Baca juga:

Berangkat dari pola makan vegetarian

Waytuki Vegetarian di Pasar BaruDok.Kompas.com/ Suci Wulandari Putri Waytuki Vegetarian di Pasar Baru

Subhik menceritakan didirikannya Waytuki Vegetarian  saat itu terinspirasi dari sebuah restoran vegetarian yang ia temui saat menempuh pendidikan di luar negeri.

"Waktu saya masih sekolah di luar negeri, dekat sekolah itu ada restoran vegetarian, saya sering makan di situ dan (rasanya) enak. Jadi karena saya juga vegetarian dan belum ada restoran vegetarian di Jakarta, kenapa ga dibuka saja di Indonesia? " katanya saat dihubungi Kompas.com pada Jumat (14/1/2022).

Melihat belum ada restoran yang mengusung menu vegetarian di Jakarta, maka pada 2011 Subhik akhirnya membuka restoran Vegetarian dengan mengusung menu spesifik yakni Indian vegetarian food di Jakarta.

Baca juga:

Awal berdiri sepi peminat

Meskipun sudah mewujudkan keinginan membuka restoran sesuai dengan minat pribadi, tetapi Subhik menghadapi kendala saat menjalani tahun pertama sebagai pengelola restoran vegetarian di Jakarta.

Saat itu pada 2011 keberadaan restoran vegetarian masih terdengar asing bagi masyarakat Jakarta, khususnya di daerah Pasar Baru. Sehingga pada tahun pertama Waytuki Vegetarian masih sepi pengunjung.

"Tahun pertama itu terhitung masih sepi, peminatnya cukup kurang," katanya.

Beranjak ke tahun kedua, restoran Waytuki mulai dikenal masyarakat dan mendapatkan pasarnya. Hadirnya layanan pesan antar online saat itu menjadi penunjang Waytuki lebih dikenali oleh masyarakat luas.

Subhik mengatakan sebelum adanya layanan pesan antar online, ia mempromosikan Waytuki melalui brosur yang disebar di kawasan Pasar Baru.

"Saat itu kita pakai brosur, karena menu Waytuki lebih spesifik ke makanan India, jadi saat itu kita menyasar daerah Pasar Baru yang memang banyak orang India dan membagikan brosur kepada mereka," katanya.

Selain orang India di Pasar Baru, ia juga menyasar  pada food hunter untuk memperkenalkan kalau makanan vegetarian adalah makanan dengan cita rasa enak.

"Pasar kita saat itu  memang orang-orang India dan kelompok vegetarian. Selain itu cenderung menyasar food hunter untuk memperkenalkan pada mereka bahwa vegetarian food khususnya Indian vegetarian food itu sebenarnya juga enak," katanya.

Subhik mengatakan kelompok usia yang datang ke Waytuki saat itu umumnya pembeli berusia lebih dari 30 tahun dan cenderung dari kalangan orang tua.

Menurutnya pada saat itu kalangan anak muda tidak terlalu tertarik dengan makanan vegetarian.

Baca juga:

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.