Hindari Kontak, Restoran di Belanda Punya 3 Robot Pramusaji

Kompas.com - 04/06/2020, 13:35 WIB
Robot pramusaji di Restoran Dadawan, Belanda. Dok. REUTERS/Piroschka van de WouwRobot pramusaji di Restoran Dadawan, Belanda.


KOMPAS.com – Restoran Dadawan di Maastricht, kota di bagian selatan Belanda, mempekerjakan robot pramusaji untuk mengantarkan makanan ke tamu.

Dilansir dari Reuters, tiga robot pelayan bernama Amy, Aker, dan James bolak-balik dari bar mengantarkan minuman kepada para tamu.

Di restoran makanan Asian fusion ini, robot pelayan disebutkan sangat membantu mengurangi kontak pramusaji manusia dengan tamu khususnya pada masa pandemi.

“Hai, berikut pesananmu. Tolong ambil dari nampan. Saya akan kembali lagi secara otomatis dalam 20 detik,” bunyi Amy pada sepasang tamu wanita yang duduk di booth. 

Baca juga: Bekas Kotak Telepon di London Disulap Jadi Kios Kopi, Berguna di Masa Physical Distancing

Setiap robot pramusaji memiliki figur humanoid yang sederhana, termasuk tangan untuk memegang nampan penyajian.

Jadi pelanggan harus mengambil sendiri minuman mereka dari nampan robot pramusaji.

Mereka juga memiliki display sederhana yang berfungsi sebagai wajah, menunjukkan senyuman atau sesekali figur cemberut.

Robot pramusaji diperkenalkan di China sejak beberapa tahun lalu.  Sejak saat itu robot pramusaji membantu banyak restoran di dunia.

Di Belanda, baru beberapa restoran yang menggunakan robot pramusaji.

Baca juga: Tips Menghangatkan Pizza Sisa yang Benar agar Tidak Keras dan Topping Mengerut

Perwakilan Restoran Dadawan, Paul Seijben mengatakan bahwa pekerjaan pramusaji manusia tidak akan terancam oleh para robot tersebut.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X