Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unik! Ada Nasi Goreng Tangan Robot di Malang, Seperti Apa?

Kompas.com - 17/10/2021, 17:11 WIB
Yuharrani Aisyah

Penulis

KOMPAS.com - Seorang pedagang nasi goreng di Kota Malang membuat robot yang menyerupai tangan untuk membantunya menggoreng nasi.

Mengutip Suryamalang.tribunnews.com, video pembuatan nasi goreng menggunakan robot tangan tersebut viral di TikTok.

Lokasi nasi goreng robot, begitu warganet menyebutnya, berada di Jalan Muharto Gang 5B, Kota Malang. Dartadi adalah nama sang penjual nasi goreng robot.

Baca juga:

Tangan robot membantu Dartadi yang mengalami kecelakaan

Ide membuat tangan robot muncul setelah Dartadi mengalami kecelakaan di Madura sekitar tiga tahun lalu.

Ia yang telah berjualan nasi goreng dan mi sejak delapan tahun lalu sempat mengalami kebingungan karena tangan kirinya tidak bisa digunakan secara maksimal.

Menurut Dartadi, ia biasa membuat nasi goreng menggunakan dua tangan.

Lebih kurang 10 bulan belakangan, Dartadi menggunakan robot tangan untuk membantunya menggoreng nasi. Terutama saat pesanan cukup banyak, menggoreng lima porsi nasi sekaligus, misalnya.

Namun, Dartadi tetap ikutan mengaduk nasi goreng menggunakan tangan kanannya. Menurutnya, nasi goreng buatan tangan sendiri lebih sedap.

Baca juga:

Robot tangan buatan sendiri

Dartadi membuat sendiri robot tangan pembuat nasi goreng. Ia membeli menggunakan barang bekas yang dibeli di pasar rongsokan.

Cara membuat robot tangan mengikuti pengetahuan Dartadi sehingga tidak ada buku panduan manualnya.

Robot tangan mengalami trial and error sampai akhirnya bisa dipakai untuk menggoreng nasi seperti sekarang.

"Untuk jadi seperti sekarang ya butuh waktu lama. Pernah malah (untuk menggoreng) 5 porsi, nasinya habis di wajan karena semburat keluar wajan saat diaduk. Lucu pokoknya," jelas Dartadi.

Dartadi jualan nasi goreng bersama istrinya, Maryam. Kini mampu menghabiskan delapan kilogram nasi per hari. Walaupun saat pandemi menurun jadi lima kilogram per hari.

Namun, semenjak video nasi goreng robot viral di TikTok, semakin banyak orang yang penasaran ingin melihat pembuatan nasi goreng dan rasanya.

Baca juga:

Artikel ini telah tayang di SuryaMalang.com dengan judul "Nasi Goreng Robot di Jalan Muharto Kota Malang, Viral dan Bikin Pecinta Kuliner Kepo Rasa Olahannya", https://suryamalang.tribunnews.com/2021/10/15/nasi-goreng-robot-di-jalan-muharto-kota-malang-viral-dan-bikin-pecinta-kuliner-kepo-rasa-olahannya?page=all 

Penulis: Sylvianita Widyawati | Editor: Dyan Rekohadi

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com