Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/11/2021, 17:04 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Roti sobek bisa jadi ide jualan rumahan. Cara membuat roti sobek sebetulnya tidak terlalu sulit, tapi butuh proofing beberapa kali agar hasilnya mengembang.

Selain itu, kamu perlu memperhatikan beberapa hal detail seperti proses pemanggangnya supaya roti sobek tidak kempis setelah matang.

Baca juga:

Mengutip dari buku “Laris Manis Bakulan @dinniroti - 45 Resep Kue Kering, Cake, dan Roti” oleh Wahdini Miftahul Husna terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, berikut cara membuat roti sobek anti gagal yang lembut dan tidak kempis.

Ilustrasi roti sobek isi cokelat. SHUTTERSTOCK/ Saelanlerez Ilustrasi roti sobek isi cokelat.

1. Kenali oven

Penting untuk mengenali oven yang akan digunakan untuk memanggang supaya hasil roti sobek lebih bagus.

Jika panas oven tidak rata, maka kamu perlu memutar loyang sesekali saat memanggang supaya warna roti sobek merata.

Baca juga:

2. Waktu proofing

Proofing atau mengistirahatkan adonan merupakan salah satu kunci roti sobek mengembang sempurna. Kendati demikian kamu perlu memperhatikan waktunya supaya roti sobek tidak keriput dan kempis setelah matang.

Pada resep roti sobek yang dituliskan oleh Wahdini Miftahul Husna dalam buku yang sama, proofing dilakukan tiga kali.

Pertama, saat masih semua bahan sudah dicampur dan diolah hingga kalis. Waktu proofing yang dibutuhkan sekitar 30-45 menit, tergantung suhu ruangan.

Selanjutnya, setelah adonan dibagi dengan berat sekitar 40 gram lalu dibulatkan. Pada tahap ini, adonan perlu diistirahatkan sekitar 10 menit.

Baca juga:

Terakhir yakni setelah adonan diisi. Waktu proofing-nya tidak dijelaskan secara pasti pasti, tapi secara singkat disebutkan hingga adonan mengembang dua kali lipat.

Ilustrasi adonan roti.Dok. Shutterstock/ANGIEYEOH Ilustrasi adonan roti.

3. Segera keluarkan dari loyang

Setelah matang segera keluarkan roti sobek dari oven dan loyang kemudian oles langsung dengan butter. Dengan demikian roti sobek tidak akan mengempis dan warnanya pun cantik mengilat.

Baca juga: Resep Roti Tawar Empuk Tanpa Telur, Bisa untuk Roti Bakar

Buku “Laris Manis Bakulan @dinniroti - 45 Resep Kue Kering, Cake, dan Roti” oleh Wahdini Miftahul Husna terbitan PT Gramedia Pustaka Utama dapat dibeli online di Gramedia.com

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com