Kompas.com - 30/11/2021, 17:04 WIB
Ilustrasi roti sobek coklat keju SHUTTERSTOCK/GINA PAMUNGKASIlustrasi roti sobek coklat keju
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Roti sobek bisa jadi ide jualan rumahan. Cara membuat roti sobek sebetulnya tidak terlalu sulit, tapi butuh proofing beberapa kali agar hasilnya mengembang.

Selain itu, kamu perlu memperhatikan beberapa hal detail seperti proses pemanggangnya supaya roti sobek tidak kempis setelah matang.

Baca juga:

Mengutip dari buku “Laris Manis Bakulan @dinniroti - 45 Resep Kue Kering, Cake, dan Roti” oleh Wahdini Miftahul Husna terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, berikut cara membuat roti sobek anti gagal yang lembut dan tidak kempis.

Ilustrasi roti sobek isi cokelat. SHUTTERSTOCK/ Saelanlerez Ilustrasi roti sobek isi cokelat.

1. Kenali oven

Penting untuk mengenali oven yang akan digunakan untuk memanggang supaya hasil roti sobek lebih bagus.

Jika panas oven tidak rata, maka kamu perlu memutar loyang sesekali saat memanggang supaya warna roti sobek merata.

Baca juga:

2. Waktu proofing

Proofing atau mengistirahatkan adonan merupakan salah satu kunci roti sobek mengembang sempurna. Kendati demikian kamu perlu memperhatikan waktunya supaya roti sobek tidak keriput dan kempis setelah matang.

Pada resep roti sobek yang dituliskan oleh Wahdini Miftahul Husna dalam buku yang sama, proofing dilakukan tiga kali.

Pertama, saat masih semua bahan sudah dicampur dan diolah hingga kalis. Waktu proofing yang dibutuhkan sekitar 30-45 menit, tergantung suhu ruangan.

Selanjutnya, setelah adonan dibagi dengan berat sekitar 40 gram lalu dibulatkan. Pada tahap ini, adonan perlu diistirahatkan sekitar 10 menit.

Baca juga:

Terakhir yakni setelah adonan diisi. Waktu proofing-nya tidak dijelaskan secara pasti pasti, tapi secara singkat disebutkan hingga adonan mengembang dua kali lipat.

Ilustrasi adonan roti.Dok. Shutterstock/ANGIEYEOH Ilustrasi adonan roti.

3. Segera keluarkan dari loyang

Setelah matang segera keluarkan roti sobek dari oven dan loyang kemudian oles langsung dengan butter. Dengan demikian roti sobek tidak akan mengempis dan warnanya pun cantik mengilat.

Baca juga: Resep Roti Tawar Empuk Tanpa Telur, Bisa untuk Roti Bakar

Buku “Laris Manis Bakulan @dinniroti - 45 Resep Kue Kering, Cake, dan Roti” oleh Wahdini Miftahul Husna terbitan PT Gramedia Pustaka Utama dapat dibeli online di Gramedia.com

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.