Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Manfaat Pola Makan Vegetarian, Bukan Hanya Bagus untuk Diet

Kompas.com - 03/11/2021, 13:39 WIB
Krisda Tiofani,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Vegetarian kerap diartikan sebagai orang yang menerapkan pola makan nabati. Selain itu, vegetarian juga umum didefinisikan sebagai gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan non hewani.

Meski beberapa vegetarian tidak mengonsumsi daging hewan sama sekali, gaya hidup vegetarian tetap bisa berdampak baik bagi tubuh manusia.

Bukan hanya untuk kesehatan manusia, gaya hidup vegetarian juga dianggap memiliki dampak posif bagi lingkungan sekitar.

Selengkapnya, simak enam manfaat pola makan vegetarian berikut ini.

Baca juga: Apa yang Dimaksud Vegetarian, Orang yang Hanya Makan Sayur?

1. Bagus untuk diet

Menurut Co Founder Jakarta Vegetarian Community, Vyvy Kecesy, pola makan vegetarian bagus untuk para penggiat diet.

Sebab, Vyvy menuturkan bahwa pola makan vegetarian bisa membuat seseorang cenderung lebih cepat langsing atau lebih terisi dibandingkan dengan non vegetarian.

"Cocok untuk diet karena sebenarnya diet itu bukan untuk langsung kurus kan tetapi untuk lebih sehatnya. Jadi dengan kita menjadi vegetarian dan pola makan yang baik, tubuh kita merasakan manfaatnya," kata Vyvy kepada Kompas.com, Senin (1/11/2021).

"Makanya jangan heran kalau sekarang banyak yang menawarkan katering sehat, katering plant based, (atau) katering vegan," pungkasnya.

Baca juga: 7 Tempat Makan Vegetarian di Jakarta, Ada yang Sedia Nasi Padang

Seiring menua usia, fungsi tubuh atau fungsi organ juga akan menurun, termasuk saluran cerna.SHUTTERSTOCK Seiring menua usia, fungsi tubuh atau fungsi organ juga akan menurun, termasuk saluran cerna.

2. Bisa dijadikan anti penuaan

Selanjutnya, Vyvy mengatakan bahwa pola makan vegetarian juga dapat membuat seseorang terlihat lebih muda dari umur sebenarnya.

"Kalau wanita seharusnya lebih senang karena konsumsi vegetarian itu tinggi akan vitaminnya ya jadi (bisa untuk) anti aging. Jadi jangan heran kalau misalnya kulitnya merasa lebih bagus. Istilahnya kita bisa tampil lebih muda karena menjadi vegetarian, kulit akan sangat terasa perubahannya," jelas Vyvy.

Baca juga: Mengenal Olahan ‘Daging’ Nabati Baru di Indonesia, The Vegetarian Butcher

3. Menyehatkan jantung

Melansir Healthline, pola makan vegetarian disebut memiliki kemungkinan sepertiga lebih kecil untuk dirawat di rumah sakit akibat penyakit jantung.

Hal itu disebabkan oleh pola makan vegetarian yang banyak mengonsumsi bahan makanan, seperti biji-bijian berserat tinggi, polong-polongan, kacang, sayur, buah, dan makanan dengan indeks glikemik rendah lainnya.

Bahan makanan berserat yang banyak digunakan oleh vegetarian dapat membantu gula darah menjadi tetap stabol dan bisa mengurangi kolesterol serta risiko serangan jantung secara keseluruhan.

Baca juga: Resep Mi Goreng Singkong Tempe, Pengganti Nasi Cocok untuk Vegetarian

4. Meningkatkan kesehatan tulang

Produk hewani disebut dapat memaksa kalium ke luar dari tubuh dan menyebabkan pengeroposan tulang serta osteoporosis.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa orang yang mengikuti pola makan vegetarian tipe lacto ovo selama 20 tahun atau lebih hanya memiliki 18 persen lebih sedikit mineral tulang di usia 80 tahun.

Berbeda dari itu, non vegetarian atau pemakan daging justru disebut memiliki 35 persen lebih sedikit mineral tulang di usia yang sama.

Baca juga: Resep Dokla Khas India, Kue Kukus Gurih Tanpa Telur buat Vegetarian

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com