Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang Dimaksud Vegetarian, Orang yang Hanya Makan Sayur?

Kompas.com - 03/11/2021, 11:36 WIB
Krisda Tiofani,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Istilah vegetarian sudah terdengar tidak asing dan kerap dibicarakan oleh banyak orang di dunia, termasuk di Indonesia.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring, vegetarian diartikan sebagai orang yang tidak makan daging tetapi mengonsumsi sayuran dan hasil tumbuhan lainnya.

KBBI juga menulis, vegetarian bisa terjadi karena beberapa hal, seperti alasan keagamaan atau kesehatan seseorang.

Lebih lanjut, Co Founder Jakarta Vegetarian Community, Vyvy Kecesy mengatakan bahwa istilah vegetarian sebenarnya berasal dari kata vegetus.

"Vegetus itu artinya kayak badan kita sehat, segar gitu loh dan memang biasanya itu (vegetarian) kebanyakan orang mengiranya berasal dari kata vegetable, padahal bukan," tutur Vyvy kepada Kompas.com, Senin (1/11/2021).

Kata vegetarian yang diambil dari kata vegetus tersebut didefinisikan menjadi lebih luas sebagai pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang berasal dari tumbuhan.

"Sebenarnya masih banyak orang yang berfikir bahwa aku menjadi vegetarian itu cuma makan sayuran doang, padahal sebenarnya tidak sebatas sayuran doang," pungkasnya.

Selain sayuran, Vyvy menyebut bahwa vegetarian bisa mengonsumsi beragam bahan nabati lainnya, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, jamur, buah, dan umbi-umbian.

"Itu jenisnya banyak sekali dan kalau kita mau olah, itu benar-benar sangat bervariasi sekali dan kita tidak akan kekurangan gizi dari situ," ujar Vyvy.

Baca juga:

Ada beberapa cara mengolah chia seed untuk diet yang dapat dipraktikkan, termasuk menjadikannya taburan pada smoothie, salad, atau buah potong.PIXABAY/GATE74 Ada beberapa cara mengolah chia seed untuk diet yang dapat dipraktikkan, termasuk menjadikannya taburan pada smoothie, salad, atau buah potong.

Vegan termasuk kategori vegetarian

Vyvy menjelaskan, vegetarian dibagi menjadi beberapa kategori. Untuk saat ini, setidaknya ada empat kategori vegetarian yang didasari oleh jenis konsumsi bahan makanan.

"Jadi sebenarnya vegetarian ini terbagi lagi menjadi beberapa kategori. Jadi vegetarian tuh lebih general. Nah, dalam vegetarian itu ada kategorinya," ujar Vyvy.

Empat kategori vegetarian yang disebut oleh Vyvy adalah lacto vegetarian, ovo vegetarian, lacto ovo vegetarian, dan vegan.

"Lacto vegetarian itu artinya orang vegetarian namun masih mengonsumsi produk seperti susu," tutur Vyvy.

Berbeda dengan lacto vegetarian, ovo vegetarian diartikan sebagai gaya hidup yang dianut oleh seseorang dengan tidak makan daging tetapi masih mengonsumsi telur.

"Ketiga itu baru lacto ovo vegetarian. Jadi lacto ovo ini bisa dibilang paling banyak di indonesia," tutur Vyvy.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com