Kompas.com - 24/10/2021, 09:09 WIB
Ilustrasi chiffon cake keju. DOK.SHUTTERSTOCK/KAISKYNET STUDIOIlustrasi chiffon cake keju.

KOMPAS.com - Punya stok putih telur banyak di rumah? Jangan dibuang. Kamu bisa mengolahnya dengan menambahkan bahan lainnya untuk membuat aneka kue.

Jenis cake dari putih telur seperti sponge cake atau chiffon. Selain itu, brownies juga bisa dibuat hanya dengan menggunakan putih telur.

Baca juga:

Namun, ada beberapa cara membuat cake dari putih telur yang perlu diperhatikan. Pasalnya, kalau salah langkah bisa membuat cake berbau amis dan hasilnya tidak mengembang.

Melansir dari majalah “Saji ED 465 June 2020” terbitan PT Gramedia Pustaka Utama dan laman The Kitchn, berikut tips membuat cake dari putih telur.

1. Pilih putih telur yang segar

Ilustrasi proses mengocok putih telur menggunakan whisk. PEXELS/ Katerina Holmes Ilustrasi proses mengocok putih telur menggunakan whisk.

Tips membuat cake dari putih telur yang pertama adalah pilihlah putih telur yang segar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Itu bisa dilihat dari bagian putihnya yang masih kental. Hindari menggunakan putih telur yang teksturnya encer karena menandakan telur sudah tidak segar.

Pisahkan putih telur dengan kuningnya. Pastikan tidak ada tetesan kuning telur di dalamnya. Pasalnya, sedikit saja ada sisa kuning telur maka hasil kocokan putih telur sulit mengembang.

2. Cara hilangkan aroma amis putih telur

Ilustrasi putih telur kocok.DOK.SHUTTERSTOCK/GAYVORONSKAYA_YANA Ilustrasi putih telur kocok.

Cake putih telur memang tidak menggunakan kuning telur. Hanya menggunakan putihnya saja.

Ada cara menghilangkan aroma amis dari putih telur untuk adonan cake putih telur yaitu dengan menggunakan parutan kulit jeruk, bubuk rempah, atau essens rhum.

3. Gunakan cream of tartar

Cream of tartar berfungsi untuk menstabilkan hasil kocokan telur agar tidak mudah mengempis.

Penggunaan bahan yang satu ini bisa digantikan dengan penambahan perasan air jeruk lemon atau cuka, seperti yang disebutkan dalam majalah “Saji ED 465 June 2020” terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.