Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Cara Membuat Cake dari Putih Telur agar Tidak Amis dan Mengembang

KOMPAS.com - Punya stok putih telur banyak di rumah? Jangan dibuang. Kamu bisa mengolahnya dengan menambahkan bahan lainnya untuk membuat aneka kue.

Jenis cake dari putih telur seperti sponge cake atau chiffon. Selain itu, brownies juga bisa dibuat hanya dengan menggunakan putih telur.

  • Resep Chiffon Cake Keju, Anti Kempis dan Retak
  • Resep Chiffon Cake Pandan, Hasilnya Lembut dan Wangi
  • Resep Chiffon Cake 3 Telur, Pakai Topping Cream Strawberry

Namun, ada beberapa cara membuat cake dari putih telur yang perlu diperhatikan. Pasalnya, kalau salah langkah bisa membuat cake berbau amis dan hasilnya tidak mengembang.

Melansir dari majalah “Saji ED 465 June 2020” terbitan PT Gramedia Pustaka Utama dan laman The Kitchn, berikut tips membuat cake dari putih telur.

Tips membuat cake dari putih telur yang pertama adalah pilihlah putih telur yang segar.

Itu bisa dilihat dari bagian putihnya yang masih kental. Hindari menggunakan putih telur yang teksturnya encer karena menandakan telur sudah tidak segar.

Pisahkan putih telur dengan kuningnya. Pastikan tidak ada tetesan kuning telur di dalamnya. Pasalnya, sedikit saja ada sisa kuning telur maka hasil kocokan putih telur sulit mengembang.

Cake putih telur memang tidak menggunakan kuning telur. Hanya menggunakan putihnya saja.

Ada cara menghilangkan aroma amis dari putih telur untuk adonan cake putih telur yaitu dengan menggunakan parutan kulit jeruk, bubuk rempah, atau essens rhum.

3. Gunakan cream of tartar

Cream of tartar berfungsi untuk menstabilkan hasil kocokan telur agar tidak mudah mengempis.

Penggunaan bahan yang satu ini bisa digantikan dengan penambahan perasan air jeruk lemon atau cuka, seperti yang disebutkan dalam majalah “Saji ED 465 June 2020” terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

  • 7 Resep Olahan Putih Telur, Ada Bolu Kukus dan Nugget Ayam
  • Cara Simpan dan Olah Putih Telur, Sisa Bikin Spikoe Kuno

4. Tambahkan garam

Kalau kamu ingin hasil tekstur kocokan putih telur kokoh dan mudah mengembang, tambahkan dengan sedikit garam.

Cara membuat cake putih telur yang mengembang lainnya adalah hindari menambahkan gula pasir di awal saat mengocok putih telur. hal ini bisa membuat putih telur sulit mengembang.

Masih dalam majalah yang sama, ada cara mengocok putih telur agar teksturnya halus untuk membuat cake. Caranya adalah kocok putih telur dengan menggunakan mikser berkecepatan sedang.

Menambahkan dari laman The Kithcn, jangan mengocok putih telur secara berlebihan atau terlalu lama.

Umumnya, mengocok putih telur sampai kaku hanya memakan waktu sekitar tiga sampai lima menit, tergantung jenis mikser yang digunakan.

Mengocok putih telur secara berlebihan bisa membuatnya mudah kempes, pecah, dan teksturnya kasar.

  • 5 Cara Kocok Putih Telur Tanpa Mixer agar Mengembang dan Stabil
  • Cara Membuat Butter Cream dengan Putih Telur

6. Tambahkan tepung sambil diaduk

Cara membuat cake putih telur selanjutnya adalah saat menambahkan tepung ke dalam kocokan putih telur, aduk secara perlahan. Hal ini untuk menghindari hasil kocokan putih telur tidak mengempis.

Selain tepung, mentega juga menjadi salah satu bahan untuk membuat cake putih telur. Saat menambahkannya ke dalam bahan lainnya, pastikan mentega cair betul.

Hal ini agar mentega bisa menyatu dengan gula dan jenis minyak lainnya. Untuk memastikannya, biarkan mentega di suhu ruangan selama 30 menit sebelum digunakan.

Jangan panik kalau adonan cake putih telur berwarna kecokelatan setelah dipanggang. Pasalnya, bagian dalam cake tetap berwarna putih sempurna.

  • Resep Nugget Ayam Putih Telur, Olahan Putih Telur Kukus untuk Lauk
  • Resep Kue Lapis Pepe Panggang Jadul, Pakai Putih Telur

Majalah “Saji ED 465 June 2020” terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

https://www.kompas.com/food/read/2021/10/24/090900675/8-cara-membuat-cake-dari-putih-telur-agar-tidak-amis-dan-mengembang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke