Kompas.com - 24/06/2021, 10:07 WIB
Ilustrasi keripik ubi yang renyah dan sehat. Shutterstock/stockcreationsIlustrasi keripik ubi yang renyah dan sehat.

KOMPAS.com – Ubi merupakan salah satu umbi sekaligus bahan pangan lokal penuh nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Ubi juga bisa jadi sumber karbohidrat pengganti nasi.

Ubi sangat mudah diolah jadi beragam sajian. Mulai dari sajian berat pengganti nasi, direbus atau kukus biasa, makanan penutup seperti boba atau bola-bola ubi, atau digoreng menjadi keripik.

Baca juga: Resep Gorengan Ubi Lapis Tepung Renyah buat Camilan Sore

Membuat keripik ubi ternyata tak sulit. Travelling Chef Wira Hardiyansyah memberikan tips membuat keripik ubi yang renyah dan lebih sehat.

“Ini ubi manis hanya digoreng saja. Bagaimana biar sehat? Minyaknya tidak perlu diganti,” kata Wira ketika menjadi pembicara dalam acara Webinar Diversifikasi Pangan Lokal Seri 2: Gaya Hidup Sehat, Kekinian dengan Pangan Lokal pada Rabu (23/6/2021).

Menurut Wira, kamu dapat menggoreng keripik ubi sebanyak dua kali tetapi dalam minyak yang sama. Simak cara membuat keripik ubi agar renyah dan lebih sehat berikut ini.

Baca juga: Cara Kupas Ubi Jalar yang Mudah, Rebus Air Panas

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cara membuat keripik ubi renyah

ilustrasi ubi jalarPIXABAY/ALBANY COLLEY ilustrasi ubi jalar

  1. Iris-iris ubi dengan cukup tipis. Tujuannya agar keripik yang dihasilkan pun bisa jadi cukup renyah. Kamu bisa mengirisnya dengan pisau, atau bisa juga dengan parutan khusus.
  2. Rendam dengan air garam selama beberapa saat. Air garam ini tak hanya bisa memberikan rasa pada keripik tapi juga membuat keripik jadi renyah ketika digoreng.
  3. Setelah direndam beberapa saat, mulai goreng irisan ubi dengan api kecil selama sekitar lima menit. Angkat dan tiriskan ubi.
  4. Terus panaskan minyak dengan api yang agak besar. Setelah minyak cukup panas, masukkan kembali keripik yang sudah setengah matang tadi.
  5. Goreng keripik hingga benar-benar matang dan renyah.
  6. Angkat dan keripik ubi pun siap disantap. Kamu bisa menambahkan bumbu tabur, garam, atau lada sebagai tambahan rasa.

Baca juga: 4 Manfaat Konsumsi Ubi Jalar Merah, Penuhi Kebutuhan Serat



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X