Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Sampai Tepung Tahu Crispy Tidak Nempel, Ikuti Tips Berikut

Kompas.com - 12/06/2021, 17:07 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Salah satu kegagalan yang sering terjadi saat membuat tahu crispy adalah larutan tepung tidak menempel pada tahu.

Biasanya campuran tepung yang digunakan dalam larutan ini adalah tepung terigu, tepung beras, dan tepung tapioka atau maizena.

Heni, seorang ibu rumah tangga yang sering membuat tahu crispy di rumahnya, membagikan cara menghindari larutan tepung tidak menempel pada tahu.

Baca juga: 4 Tips Goreng Tahu Crispy Anti Gagal, Hasilnya Renyah dan Mengembang

Pastikan minyak goreng sangat panas

Ternyata, bisa tidaknya larutan tepung menempel pada tahu bergantung pada suhu minyak ketika menggoreng.

“Minyaknya harus panas banget. Coba aja kasih sesendok tepungnya itu ke minyak. Kalau dia berbusa, artinya panas. Baru masukin tepungnya sedikit-sedikit terus harus rata (dituangnya),” kata Heni pada Kompas.com, Kamis (10/6/2021).

Tuang larutan tepung encer

Salah satu langkah krusial dalam membuat tahu crispy adalah menuangkan larutan tepung encer ke dalam wajan penggorengan ketika tahu sudah sudah cukup renyah.

Langkah ini diulangi dua sampai tiga kali hingga lapisan renyah tepung terlihat pada tahu.

Setelah larutan tepung encer dituang pertama kali, biarkan tahu selama beberapa saat.

Setelah itu baru bolak-balik tahu agar tidak lengket dan memastikan tepungnya menempel secara rata ke seluruh permukaan tahu.

Baca juga: 3 Cara Hindari Tahu Crispy Lengket dan Hancur Saat Digoreng

Tahu goreng renyah yang sedang digoreng ala Tahu Go!Dok. Instagram @tahugoid Tahu goreng renyah yang sedang digoreng ala Tahu Go!

Jika dirasa larutan pertama tepung sudah matang dan kecoklatan, baru tuang lagi larutan tepung yang kedua.

Ulangi hal yang sama dan terus bolak-balik tahu agar tepung merata. Langkah ini bisa kamu ulangi hingga tiga kali. Sampai larutan tepung encernya habis.

“Pokoknya harus coklat dulu. Kalau belum matang terus tepungnya masih agak putih gitu dan udah dimasukin tepung lagi, nanti malah keras pas digigit. Enggak renyah dia,” imbuh Heni.

Usahakan juga untuk menuangkan larutan tepung encer tersebut secara merata ke seluruh permukaan tahu di wajan.

Tuang perlahan agar tidak ada tepung yang terlalu menggumpal.

Satu hal lain yang penting, pastikan larutan tepung tersebut cukup encer. Jangan sampai terlalu kental. Gunakan air yang agak banyak.

Jika larutan tepung terlalu kental maka tidak akan bisa terbentuk lapisan yang renyah. Lapisan tepung akan sulit tersebar secara merata dan juga akan keras nantinya ketika matang.

Baca juga: 5 Cara Membuat Tahu Crispy agar Renyah Lama, Gampang Diikuti Pemula

Ilustrasi tahu goreng crispy, cocok buat jualan. SHUTTERSTOCK/MAHARANI AFIFAH Ilustrasi tahu goreng crispy, cocok buat jualan.

Goreng tahu crispy sampai matang sempurna

Menggoreng tahu crispy memang membutuhkan waktu yang lama.

Heni sendiri mengaku memerlukan waktu sekitar 30-40 menit dari awal menggoreng hingga tahu benar-benar matang bersama tepungnya.

Baca juga: Resep Tahu Crispy Pedas, Gorengan dengan Bumbu Siram Cabai

“Banyak yang enggak sabar ya. Memang capek sih bikinnya. Harus sering diaduk apalagi kalau dia udah dituang tepung. Kalau enggak diaduk gosong sebelah aja terus tepungnya enggak rata,” papar Heni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com