Kompas.com - 17/05/2021, 16:02 WIB
Ilustrasi adonan donat. SHUTTERSTOCK/MADELEIlustrasi adonan donat.

KOMPAS.com - Donat, salah satu camilan sore yang membuatnya mudah. Namun, kamu harus perhatikan cara membuat donat agar hasil adonan lembut dan mengembang sempurna.

Baik donat panggang maupun donat goreng, proses mengaduk dan proofing adonan adalah faktor penentu hasil akhir yang enak.

Simak cara membuat adonan donat mengembang sempurna dan lembut dari buku "Seri Makanan Trendi untuk Usaha Boga - Donat Goreng & Panggang" oleh Indriani terbitan Gramedia Pustaka Utama berikut.

Baca juga: 4 Cara Membuat Donat Kentang Empuk dan Mengembang Sempurna

Ilustrasi mencetak donat menggunakan ring stainless steel. SHUTTERSTOCK/FFOLAS Ilustrasi mencetak donat menggunakan ring stainless steel.

1. Aduk adonan donat sampai kalis

Mengaduk adonan menjadi langkah awal membuat donat. Usahakan mengaduk adonan doat sampai kalis. Tujuannya agar tekstur donat baik dan lembut.

Baca juga: 5 Kesalahan Bikin Donat Kentang, Pelajari Biar Anti Gagal

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Istirahatkan adonan donat

Setelah mengaduk adonan donat sampai kalis, istirahatkan selama lebih kurang 20-45 menit. Diamkan sampai mengembang dua kali lipat dari ukuran semula.

Pastikan untuk menyimpan adonan dalam wadah bertutup lap basah pada proses proofing tersebut. Lap basah bertujuan untuk menghindari adonan donat mengering.

Baca juga: Cara Membuat Donat Kentang Sederhana, Hasil Empuk dan Mengembang Sempurna

3. Kempiskan adonan donat

Ilustrasi mengempiskan adonan dengan memukulnya perlahan. SHUTTERSTOCK/ANGIE YOH Ilustrasi mengempiskan adonan dengan memukulnya perlahan.

Mengempiskan adonan donat setelah proofing untuk mengeluarkan udara dalam adonan.

Pasalnya, udara dalam adonan tersebut dapat membuat donat menjadi keras kalau tidak dikeluarkan.

Menurut Epicurious, cara mengempiskan adonan cukup menggunakan kepalan tangan. Pukul secara perlahan ke arah adonan sampai kempis.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X