Kompas.com - 29/04/2021, 02:11 WIB
Ilustrasi diet vegan. Ilmuwan mengatakan tidak perlu mengadopsi pola makan vegan untuk menyelamatkan Bumi dari perubahan iklim untuk mengurangi emisi gas rumah kaca. SHUTTERSTOCK/RossHelenIlustrasi diet vegan. Ilmuwan mengatakan tidak perlu mengadopsi pola makan vegan untuk menyelamatkan Bumi dari perubahan iklim untuk mengurangi emisi gas rumah kaca.


KOMPAS.com – Tren pola makan plant-based atau pola makan berbasis nabati semakin hari semakin meningkat.

Banyak orang yang kemudian mulai menerapkan pola makan berbasis nabati menjadi gaya hidup sehari-hari.

Ada beberapa jenis pola makan yang termasuk dalam pola makan plant-based ini. Di antaranya adalah vegan dan vegetarian.

Vegetarian merupakan pola makan di mana seseorang tidak makan daging dan tidak mengonsumsi segala jenis produk hewani.

Umumnya vegetarian tidak memakan daging hewan, tapi mereka mengonsumsi produk turunan hewani seperti susu dan telur.

Baca juga: Apa Bedanya Vegan dan Vegetarian?

Sementara vegan pada dasarnya serupa dengan vegetarian. Bedanya hanya mereka tidak mengonsumsi produk turunan hewani seperti telur dan olahan susu semacam keju, yoghurt, mentega, dan lain-lain sama sekali.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, kini ada pula pola makan flexitarian. Pola makan yang secara perlahan bertransisi ke pola makan berbasis nabati. 

Flexitarian menambah makanan berbasis nabati dan mengurangi porsi protein hewani.

Melakukan pola makan plant-based seperti itu dipercaya penting dilakukan karena memiliki banyak manfaat. Apa sajakah manfaat itu?

Baca juga: Mengenal Olahan ‘Daging’ Nabati Baru di Indonesia, The Vegetarian Butcher

Ilustrasi burger yang menggunakan 'daging' berbahan nabati dari produk The Vegetarian ButcherDok. Unilever Food Solutions Ilustrasi burger yang menggunakan 'daging' berbahan nabati dari produk The Vegetarian Butcher

Menurut Celebrity Chef Rinrin Marinka, pola makan plant-based dirasa bisa mengembalikan energi dan membuat tubuhnya lebih mudah bergerak.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X