Kompas.com - 12/04/2021, 18:08 WIB
Ilustrasi kolak biji salak tanpa santan. Dok. Shutterstock/Aris SetyaIlustrasi kolak biji salak tanpa santan.

KOMPAS.com - Santan dalam pembuatan kolak memberikan rasa gurih yang khas. Namun, tidak melulu menggunakan santan, kamu dapat membuat kolak tanpa santan.

Terdapat setidaknya 3 bahan pengganti santan yang dapat dikatakan rendah lemak. Alternatif tersebut cocok untuk kamu yang sedang mengurangi konsumsi makanan berlemak.

Solihin, Corporate Pastry Chef Group Warung Pasta, Locarasa & NUSA Indonesia Gastronomi menyampaikan lebih jelas tentang cara membuat santan tanpa santan, seperti dikutip dari Kompas.com.

Baca juga: Tidak Doyan Santan? Ini Cara Membuat Kolak Tanpa Santan

Bahan pengganti santan untuk kolak

Kamu dapat mengganti santan untuk membuat kolak dengan bahan berikut:

  1. Susu segar dan krim atau susu bubuk
  2. Air gula merah
  3. Air kelapa

Ilustrasi pasteurisasi sendiri susu segar, cukup pakai panci. SHUTTERSTOCK/INNA DODOR Ilustrasi pasteurisasi sendiri susu segar, cukup pakai panci.

Kuah kolak tanpa santan dapat menggunakan susu segar, campur dengan gula merah atau gula pasir. Krim berguna untuk menambahkan kekentalan.

Rasio takaran pengganti santan satu ini disarankan 75 persen susu segar dan 25 persen krim.

Rasa kolak menggunakan susu segar lebih ringan, krim bikin rasanya lebih creamy.

Baca juga: Apa Bedanya Susu Segar dengan Susu Murni?

 

Air mineral dan air kelapa, bahan pengganti santan lain untuk membuat kolak. Lebih ekonomis dan rendah lemak.

Sebaiknya tambahkan cengkih, kayu manis, dan daun pandan agar rasanya tidak terlalu datar alias flat. Selain itu, bisa menggunakan gula merah cair agar lebih terasa legit.

Kamu dapat membuat kolak tanpa santan dengan beragam bahan seperti pisang, ubi jalar, singkong, biji salak, dan labu kuning.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X