Kompas.com - 24/03/2021, 17:12 WIB

KOMPAS.com - Umumnya keju cheddar di Indonesia berwarna kuning pucat. Namun, jika membeli keju cheddar impor kebanyakan warnanya kuning cerah atau oranye. 

Mengapa warna keju cheddar bisa berbeda?  

Dikutip dari TheSpruceEats, warna susu berkisar dari putih hingga kuning tua, tergantung dari apa yang dimakan sapi, jenis sapi, asalnya, bahkan rasio krim susu yang tersisa di dalamnya.

Sejak abad ke-17 produsen keju mulai menambahkan pewarna nabati kedalam susu mereka, guna mengontrol konsistensi warna pada keju.

Baca juga: Apa Itu Keju Cheddar? Keju yang Populer di Indonesia

Sejauh ini sebagian besar produsen cheddar di New England, Amerika Serikat menyukai warna putih yang alami dari keju.

Sementara pembuat keju di daerah Midwest, Amerika Serikat, dan di tempat lain cenderung menggunakan pewarna annatto, yang berasaal dari ekstrak tumbuhan dari pohon achiote.

Annato tersebut dapat memberikan warna oranye khas pada keju mereka.

 

Keju dengan annato biasanya digunakan oleh banyak orang Amerika ketika membuat burger keju, sandwich keju panggang, dan makaroni keju.

Ilustrasi keju cheddar. Dok. Shutterstock/barmalini Ilustrasi keju cheddar.

Annatto tidak mengubah rasa, tekstur, atau aroma keju. Jadi hanya warnanya saja yang berbeda, unsur lainnya tetap sama.

Baca juga: Cara Simpan Keju agar Tidak Jamuran, Jangan Bungkus dengan Plastik

Jenis cheddar

Jenis cheddar hanya dibedakan berdasarkan usianya bukan warnanya. Ketajaman keju cheddar tergantung dari lamanya proses penuaan keju.

Biasanya varietas ringan (mild) keju cheddar berumur dua sampai tiga bulan, sedangkan cheddar premium ekstra tajam dibiarkan matang selama satu sampai lima tahun.

Semakin lama usia keju maka semakin kuat rasanya. Keju yang berumur tua memiliki tekstur yang rapuh dan sudah mengkristal.

Baca juga: Resep Cheese Stick, Kulit Lumpia Isi Keju Cheddar

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.