Kompas.com - 14/03/2021, 21:52 WIB
Warung bakso Lava di Desa Tambon, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara KOMPAS.COM/MASRIADI SAMBOWarung bakso Lava di Desa Tambon, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara

ACEH UTARA, KOMPAS.com – Warung Bakso Bu Dedek di Aceh Utara yang sajikan bakso lava jumbo terlihat sangat sederhana. Langsung berdinding dengan pagar PT Pupuk Iskandar Muda (PT PIM).

Dulunya, lokasi warung itu jalan rel kereta api. Tepatnya berlokasi di Desa Tambon, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara.

Bakso lava sedang tren. Bu Dedek, sang pemilik warung mendirikan warung bakso itu setahun terakhir.

Lokasi Warung Bakso Bu Dedek strategis. Dari jalan Medan-Banda Aceh, tepat di ujung pagar PT Pupuk Iskandar Muda, berbeloklah ke kanan. Ikuti jalan aspal itu sekitar 100 meter.

Di sisi kiri jalan itulah warung bakso berdiri. Pondok kecil dibangun lesehan. Di depannya tumbuhan bambu hias menjadi ornamen sehingga pengunjung santai di sana.

Baca juga: 4 Tempat Makan Bakso Cumi Jumbo, Ada yang di Bogor dan Garut

Warung bakso Lava di Desa Tambon, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh UtaraKOMPAS.COM/MASRIADI SAMBO Warung bakso Lava di Desa Tambon, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bakso lava jumbo isi cabai rawit

Ukuran bakso ini sedang segede tinju orang dewasa, bentuknya agak mengerucut. Setelah dibuat mengerucut lalu dibakar.

Saat bakso lava masi panas itulah dihidangkan kepada pembel. Cabai merah digiling menjadi bumbu yang dibalur ke bakso yang mengeluarkan asap itu.

Lalu, dua mangkok berisi kuah bakso, dan satu berisi mi dihidangkan. Untuk satu porsi bakso ini bisa dikonsumsi empat atau lima orang.

Di dalam bakso itu, berisi telur puyuh dan jamur hitam. Lengkap dengan cabai rawit. Rasa pedasnya sungguh menggetarkan lidah.

“Satu porsi Rp 50.000,” kata Dedek, Sabtu (13/3/2021).

Baca juga: Resep Bakso Goreng Jumbo dan Tips Supaya Isinya Kopong

Warung bakso Lava di Desa Tambon, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh UtaraKOMPAS.COM/MASRIADI SAMBO Warung bakso Lava di Desa Tambon, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X