Kompas.com - 24/02/2021, 20:09 WIB
Ilustrasi makanan ready to eat (Shutterstock/Prostock-studio) Ilustrasi makanan ready to eat

KOMPAS.com - Chef sekaligus pemenang MasterChef Season 3 William Gozali menjabarkan beberapa tips untuk memulai usaha mkanan.

Tips ini disampaikannya saat berpartisipasi dalam kampanye #MulaiBarengBeko berbagi tips meningkatkan kecakapan dan daya tarik usaha makanan

Berikut tips menjalankan bisnis untuk usaha kuliner rumahan ala Willgoz:

Baca juga: 3 Tips Penting agar Usaha Makanan Rumahan Bisa Sukses

1. Pemilihan bahan baku

William Gozali menjelaskan bahan baku adalah kunci utama makanan yang enak dan berkualitas. Pastikan bahan yang digunakan tidak hanya murah tapi juga kualitasnya yang baik.

“Pastikan jika memulai usaha pilihlah bahan baku yang benar-benar berkualitas. Jangan hanya terima jadi saja dari supplier,” jelas William Gozali dalam acara Media Briefing: #MulaiBarengBeko, Jumat 19/2/2021.

Jangan sampai bahan yang ditawarkan supplier setiap harinya tidak konsisten. Terkadang segar atau kualitasnya naik turun. 

2. Penyimpanan dengan baik

“Saat memulai usaha pasti kita tidak hanya menyediakan bahan masakan dengan jumlah yang sama seperti akan memasak makanan sehari-hari," kata Willgoz.

"Kalau untuk harian kita masak hari ini gak habis besok bisa dipanasin. Nah kalau untuk jualan tidak bisa seperti itu,” pungkasnya.

Baca juga: Tips Mulai Usaha Makanan Online dari Pengusaha yang Sukses Saat Pandemi

Chef yang juga seorang YouTuber ini juga menerangkan pentingnya sebuah tempat penyimpanan untuk bahan makanan.

Bahan baku makanan harus benar-benar disimpan dengan baik. Dalam arti harus disimpan dalam kulkas yang bersih dan dapat menjaga kualitas bahan makanan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X