Kompas.com - 16/02/2021, 13:09 WIB
Toko Kopi Podjok di Pasar Gede Solo. Dok. Tribunnews.com Solo/ Ilham OktafianToko Kopi Podjok di Pasar Gede Solo.

KOMPAS.com - Saat ke Pasar Gede Solo, ada toko kopi yang menjadi andalan warga lokal dan luar kota. Toko Kopi Podjok namanya.

Toko Kopi Podjok didirikan oleh Liem A Meen sejak 1947.

Generasi ketiga Toko Kopi Podjok, Wendy Mintarja, menyebutkan kakeknya memulai usaha kopi dengan berjualan keliling dari kampung ke kampung.

Dari sana warga Solo mengenal kopi yang dijajakan oleh Liem A Menn dengan nama Kopi Angkring. Kopi tersebut sampai sekarang masih dijual di Toko Kopi Podjok.

Baca juga: Toko Kopi Legendaris di Pasar Gede Solo, Kopi Podjok Sejak 1947

"Dulu tahun 1947 kakek saya memproduksi di rumah, di daerah warung Miri Solo, baru setelah tahun 1963 berada di Pasar Gede ini," katanya kepada TribunSolo.com, Senin (8/2/2021).

Sejak berjualan di Pasar Gede, Toko Kopi Podjok tak cuma berjualan Kopi Angkring.

Mereka kini juga menjual berbagai jenis kopi dari puluhan daerah di Indonesia.
Selain itu juga ada peralatan menyeduh kopi dan pernak-pernik bertema kopi, seperti parfum kopi.

Meskipun kini banyak kafe kopi menjamur di Solo, Toko Kopi Podjok tetap bertahan. Malahan kehadiran kafe kopi disambut baik oleh Wendy.

Baca juga: 5 Tempat Jajan Camilan Legendaris di Solo, dari Es Krim Sampai Wedang

Toko Kopi Podjok di Pasar Gede, Solo, Jawa Tengah. Dok. TribunSolo.com/Ilham Oktafian Toko Kopi Podjok di Pasar Gede, Solo, Jawa Tengah.

"Tidak masalah. Kehadiran kafe saya anggap partner, bukan saingan. Beberapa dari mereka juga mengambil di sini," kata Wendy.

Saat ini Toko Kopi Podjok masih berjualan di toko langsung dan melalui pesanan Whatsaap, belum merambah online.

Baca juga: 7 Kafe Instagramable di Solo dan Sekitarnya, Ada Tiga Tjeret dan Grandis Barn

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X