Kompas.com - 16/02/2021, 12:06 WIB
Toko Kopi Podjok di Pasar Gede, Solo, Jawa Tengah. Dok. TribunSolo.com/Ilham OktafianToko Kopi Podjok di Pasar Gede, Solo, Jawa Tengah.

KOMPAS.com - Pasar Gede Solo, Jawa Tengah, punya kedai kopi legendaris yang sayang dilewatkan saat berkunjug ke sana.

Namanya Toko Kopi Podjok, kedai kopi legendaris eksis sejak 1947. Toko kopi ini yang didirikan oleh Liem A Meen ini terbilang komplet.

Tak hanya kopi, ada peralatan membuat kopi dan pernak-pernik kopi.

Generasi ketiga Toko Kopi Podjok, Wendy Mintarja menceritakan Kopi Podjok tak langsung berada di Jalan Utara Pasar Besar Nomor 38 Pasar Gede, Kecamatan Jebres, Kota Solo.

Baca juga: Itinerary Kuliner Seharian di Solo, dari Sarapan sampai Ngemil Malam

"Dulu tahun 1947 kakek saya memproduksi di rumah, di daerah warung Miri Solo, baru setelah tahun 1963 berada di Pasar Gede ini," katanya kepada TribunSolo.com, Senin (8/2/2021).

Setelah pindah dan menetap di Pasar Gede Solo, nama Toko Kopi Podjok semakin terkenal, banyak pelanggan dari dalam dan luar Kota Solo.

Toko Kopi Podjok menyediakan berbagai jenis kopi dari pelosok Nusantara, dengan jenis Arabica, Robusta, Excelsa, dan Liberica.

"Totalnya ada puluhan, mulai dari Robusta Lampung, Gayo, Toraja, Temanggung, Mijen hingga Bali. Kalau Arabica mulai dari Sulawesi hingga Papua," paparnya.

Baca juga: 7 Kafe Instagramable di Solo dan Sekitarnya, Ada Tiga Tjeret dan Grandis Barn

Semua kopi ia sebutkan diambilkan langsung dari petani kopi daerah.

Tak hanya kopi lokal, Kopi Podjok juga menyediakan kopi yang di impor dari luar negeri, seperti kopi dari Brazil, Colombia, Costa Rica, Guatemala, Panama, Honduras, Ethiopia, dan Uganda.

Generasi ketiga Toko Kopi Podjok, Wendy Mintarja.Dok. TribunSolo.com/Ilham Oktafian Generasi ketiga Toko Kopi Podjok, Wendy Mintarja.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X