Kompas.com - 25/01/2021, 21:31 WIB
Ilustrasi garam meja. PIXABAY/ BRUNO/GERMANYIlustrasi garam meja.

KOMPAS.com - Bukan hanya enak, makanan yang kamu buat sebaiknya mengandung gizi seimbang termasuk mengandung yodium. Salah satu sumber yodium utama adalah garam beryodium.

Yodium sendiri adalah zat gizi mikro. Walaupun kadarnya tidak banyak, tetapi mineral ini sangat penting bagi tubuh.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh dr. Diana F. Suganda, Sp.GK, M.Kes seorang Dokter Spesialis Gizi Klinik pada acara virtual media gathering dalam rangka peluncuran Royco dengan Garam Beriodium, Senin (25/1/2021).

Acara tersebut juga bertepatan dengan Hari Gizi Nasional 2021 yang jatuh setiap 25 Januari.

Baca juga: Hari Gizi Nasional 2021, Simak 4 Fakta Mulai Sejarah hingga Peringatan Tahun Ini

Pada kesempatan yang sama, Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia IPB Prof. Dr. Ir. Dodik Briawan, MCN menyampaikan terkait hidden hunger atau kelaparan tersembunyi.

Hidden hunger adalah kondisi yang timbul akibat kekurangan zat gizi mikro seperti yodium, zat besi, vitamin A, dan zink.

dr. Diana melanjutkan, yodium memengaruhi tumbuh kembang anak. Namun, kebutuhan yodium sebaiknya dipenuhi oleh semua usia.

 

Pasalnya, kekurangan yodium dapat mengakibatkan pertumbuhan terutama untuk anak terganggu. Tinggi badan lebih pendek daripada anak seusianya, misalnya.

Selain itu, bagi orang dewasa dapat menggangu siklus menstruasi dan kesulitan hamil.

Ilustrasi ikan nila kukus. SHUTTERSTOCK/ ENDWIASS Ilustrasi ikan nila kukus.

Cara bikin masakan bergizi seimbang

Cara agar kebutuhan zat gizi mikro terpenuhi termasuk yodium adalah memasak makanan yang gizinya seimbang.

Lebih baik lagi, menyusun menu makanan yang variatif setidaknya untuk 1 minggu dengan mempertimbangkan kandungan gizinya.

Ia juga menyampaikan bahwa dalam satu piring makanan dibagi menjadi 1/3 karbohidrat, 1/3 sayuran, dan 1/3 protein hewani serta nabati.

Tidak perlu mahal, bahan makanan lokal Indonesia yang harganya terjangkau pun mengandung beragam mineral dan vitamin.

Baca juga: 6 Makanan Indonesia Gizi Tinggi yang Murah, Ada Tempe dan Ubi Ungu

Parni (60) penjual tempe dan tahu di Pasar Peterongan Semarang, Selasa (12/1/2021).KOMPAS.com/RISKA FARASONALIA Parni (60) penjual tempe dan tahu di Pasar Peterongan Semarang, Selasa (12/1/2021).

Karbohidrat yang dimaksud misalnya nasi, kentang, atau roti. Sayuran yang kamu masak kalau bisa 5 warna jadi semakin banyak mengandung mikro nutrisi termasuk yodium.

Sementara untuk protein hewani, kamu dapat mengolah produk laut misalnya ikan, udang, kerang, cumi-cumi. Bisa juga ayam, telur, maupun produk susu seperti yoghurt.

Bahan makanan berprotein nabati yang mudah dan murah adalah tahu dan tempe.

Baca juga: Resep Tempe Bakar Bumbu Rica, Lauk Mudah buat Sarapan

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X