Kompas.com - 22/01/2021, 10:27 WIB
Ilustrasi daun salam.
tastingtable.comIlustrasi daun salam.
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Cara menyimpan daun salam gampang-gampang susah. Namun tetap ada trik supaya daun salam tetap segar saat digunakan untuk memasak.

Salah satu caranya ialah dengan menyimpan daun salam di dalam kulkas atau justru mengeringkannya.  

Melansir laman Leaf.tv dan The Spruce Eats, berikut cara menyimpan daun salam agar tetap awet dan dapat digunakan untuk menyedapkan masakan. 

Baca juga: 5 Cara Simpan Jahe agar Tetap Segar

1. Cuci daun salam segar

Daun salam segar harus dicuci terlebih dulu sebelum disimpan. Dengan mencuci kamu akan menghilangkan zat kimia yang dapat membuatnya cepat mengering. 

Setelah dicuci daun salam harus dikeringkan kembali. Bisa dengan meniriskan lalu menjemurnya, atau dilap menggunakan tisu. 

Buanglah daun salam yang sudah mulai menghitam supaya tidak membuat mengoksidasi kesegaran daun lainnya.

2. Simpan daun salam segar di kulkas

Ilustrasi daun salam.UNSPLASH/ MONIKA GRABKOWSKA Ilustrasi daun salam.

Daun salam segar dapat disimpan di kulkas. Namun taruhlah daun salam dalam plastik zip lock supaya kesegerannya tidak berkurang. 

Dengan menyimpannya di kulkas, daun salam akan bertahan hingga satu sampai dua minggu. Dengan catatan suhu kulkas tetap stabil. 

Baca juga: 4 Cara Simpan Garam Himalaya agar Tidak Cepat Berair

3. Bungkus dengan aluminium foil

Selain menaruh daun salam di plastik zip lock, kamu juga dapat membungkusnya dengan aluminium foil.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X