Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Ramyeon, Ini 6 Olahan Mie Tradisional Korea yang Wajib Dicicipi

Kompas.com - 08/01/2021, 19:00 WIB
Dwi NH,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pecinta drama Korea (drakor) di Tanah Air biasanya sudah tidak asing lagi dengan Ramyeon, makanan asal Korea Selatan (Korsel).

Olahan mie instan ini menjadi salah satu kuliner yang digemari tidak hanya penduduk Korsel, namun juga masyarakat internasional.

Melansir Kompas.com, Senin (17/2/2020), ketika memakan ramyeon, orang Korea biasa menambahkan daging, sayuran, kimchi atau seafood dan bahan lainnya untuk memperkaya rasa.

Kebanyakan pecinta drakor bahkan kerap dibuat tergiur saat melihat adegan salah satu pemain tengah asyik menyantap ramyeon menggunakan panci kuning.

Baca juga: Ke Pantai Indah Kapuk, Mencicipi Makanan Korea di The Cup

Meski terlihat menggoda, ada sebagian penikmat ramyeon yang merasa bosan dengan tekstur mie keriting.

Pasalnya, mie keriting dinilai memiliki tekstur yang mainstream karena bentuknya seperti kebanyakan mie yang ada di pasaran.

Jika Anda merasa bosan, tak ada salahnya untuk mencoba olahan mie tradisional Korsel lain yang tak kalah lezat dibandingkan ramyeon.

Mengutip Taste Atlas, Jumat (8/1/2021), ada beberapa olahan mie tradisional Korsel yang bisa Anda coba sebagai pengganti ramyeon.

1. Bibim guksu

Ilustrasi bibim guksu, mie dingin khas Korea Selatan. UNSPLASH/DIONYSIUS SAMUEL Ilustrasi bibim guksu, mie dingin khas Korea Selatan.

Bibim guksu atau mie campur merupakan hidangan Korea bercita rasa pedas, manis, dan tajam.

Berbeda dari kebanyakan mie yang disantap dalam keadaan panas, bibim guksu disajikan dalam mangkuk besar berkuah dingin.

Oleh karenanya, bibim guksu biasanya dinikmati sebagai makanan wajib saat musim panas karena kuahnya yang dingin dan menyegarkan.

Rahasia kelezatan mie tipis ini juga terletak pada sausnya yang terbuat dari gochujang atau pasta cabai, cuka beras, kecap, dan biji wijen.

Baca juga: Suka Makanan Korea tetapi Takut Tidak Halal, Ini Saran BPOM

Sementara itu, untuk topping, bibim guksu menggunakan irisan sayuran segar, kimchi, telur rebus, rumput laut, dan acar lobak atau kecambah.

Bagi Anda yang ingin merasakan kelezatan bibim guksu, bisa dengan mudah memesannya lewat aplikasi online shop ternama di Indonesia.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com