Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Potong Nangka yang Praktis tanpa Bikin Tangan Lengket

Kompas.com - 27/12/2020, 21:26 WIB
Alma Erin Mentari,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

Sumber food.ndtv

KOMPAS.com - Cara memotong nangka terbilang sulit. Terlebih cara mengupas buah nangka yang sering membuat tangan kita lengket karena getahnya.

Nangka merupakan buah tropis yang berasal dari India. Buah tropis ini biasanya diolah menjadi pengganti daging karena teksturnya yang mirip dengan ayam.

Sementara itu di Indonesia, nangka muda biasanya diolah menjadi sayur misalnya lodeh. Nangka matang yang manis dimakan buahnya, sedangkan bijinya direbus juga untuk disantap.

Terkait kandungan, nangka kaya akan vitamin A dan C.

Getah nangka cukup banyak, bisa membuat lengket tangan dan bisa membuat berantakan saat memotongnya.

Biar nggak asal-asalan saat memotong buah nangka, berikut trik potong buah nangka yang dilansir dari Food.ndtv.

Baca juga: Resep Lodeh Tewel, Sayur Nangka Muda Kuah Santan

Cara potong nangka

Ilustrasi buah nangka potongPEXELS/ANNA TARAZEVICH Ilustrasi buah nangka potong

Berikut delapan trik memotong buah nangka yang praktis.

1. Taruh beberapa kertas di meja agar getah yang lengket tidak mengotori meja dapur. Oleskan minyak secukupnya pada tangan dan pisau untuk menghindari getah menempel.

2. Potong buah nangka dari tengah menjadi dua bagian, bersihkan getah lengket yang menempel pada pisau dan tangan dengan menggunakan tisu.

3. Potong buah nangka menjadi empat bagian, jangan lupa untuk selalu mengoleskan minyak di pisau atau tangan. Kalau getah lengket nangka keluar berlebih, bersihkan dengan handuk kertas.

4. Ambil seperempat bagian, cari bagian yang busuk atau lunak kemudian potong.

5. Bagian tengah buah nangka tidak bisa dimakan, jadi kamu bisa langsung memotongnya.

6. Pegang dan putar bagian penutup biji yang berdaging, potong bagian dasar kulit. Proses ini akan membuat biji nangka terlihat dengan mudah.

Biji nangka yang terlihat seperti kacang besar ini bisa diolah kembali menjadi masakan lezat. Kamu bisa mengolahnya dengan cara direbus ataupun dipanggang.

7. Jika buah nangka yang kamu beli sudah matang, maka kamu perlu memotong bagian tengah buah nangka. Hal itu untuk mempermudah mengambil daging buah dan menghilangkan serat-serat yang menempel.

Cara potong nangka ini bisa kamu praktikkan untuk mempermudahkanmu dalam mengupasnya. Nangka bisa kamu potong kecil-kecil menjadi isian es buah atau topping pada kue serabi.

Baca juga: Resep Puding Nangka Gula Merah, Camilan yang Tak Bikin Enek

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com