Kompas.com - 05/12/2020, 15:03 WIB

KOMPAS.com - Coto menjadi salah satu menu khas daerah Makassar, Sulawesi Selatan. Coto disajikan dengan daging dan jeroan sapi, lalu disiram kuah dan bumbu khasnya. Coto biasanya sajikan bersama ketupat.

Pemilik rumah makan “Aroma Coto Gagak milik Djamaluddin Dg Nassa” Rahmawati menjelaskan, ada cara tersendiri makan ketupat ala orang Makassar.

Baca juga: 16 Makanan Khas Makassar, Tidak Cuma Coto dan Jalangkote

Cara makan ketupat coto makassar

Menurut dia, apabila ketupat langsung dimasukkan ke dalam mangkuk coto, berarti orang tersebut masih awam.

“Kalau pengunjung makan ketupatnya dimasukkan ke mangkuk coto, bukan orang Makassar dia,” ungkap Rahmawati, seperti dikutip dari artikel Kompas.com, Minggu (19/3/2018).

Baca juga: Jangan Salah! Ini Cara Santap Ketupat Coto Makassar Ala Orang Makassar

Rahmawati berujar, apabila ketupat dimasukkan sekaligus ke mangkuk, maka akan membuat isi coto tumpah. Maka, ketupat terlebih dahulu dibelah dua menggunakan kedua ibu jari.

Kemudian ambil ketupat menggunakan sendok, masukkan ke mulut. Saat menguyah ketupat, santap juga kuah coto dan daging.

Coto makassarShutterstock Coto makassar

Perbedaan coto makassar dengan soto

Meski namanya agak mirip, tetapi coto berbeda dengan soto. Salah satunya terletak pada kuahnya. Kuah coto, kata Rahmawati tidak bening seperti kebanyakan jenis soto.

Baca juga: Apa Bedanya Soto Betawi dengan Soto Daerah Lain?

Kuah coto berwarna kehitaman yang berasal dari perpaduan bumbu tradisional seperti serai, lengkuas, bawang putih, bawang merah, kacang tanah, jinten, ketumbar, dan pala.

Selain itu, coto tidak memasukkan telur dan sayuran seperti kol.

Keunikan lain dari coto Makassar yakni pengunjung diberikan campuran daun bawang dan bawang goreng dalam wadah terpisah. Pelengkap ini sengaja disediakan oleh penjual.

“Coto kan banyak daging daripada sayuran. Nah ini bawang-bawangan untuk menurunkan darah tinggi setelah makan daging,” ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.