Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tempat Sarapan di Makassar, Makan Bassang atau Coto

Kompas.com - 12/11/2020, 08:12 WIB
Khenzie Godeleova,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebelum memulai aktivitas, sebaiknya kamu mengisi perut terlebih dahulu. Begitu pula saat kamu ada di Makassar, Sulawesi Selatan. 

Jangan lewatkan sarapan di Makassar, karena ada banyak sajian khas yang menggugah selera.  Berikut tempat yang menjual sajian sarapan khas Makassar:

Baca juga: 16 Makanan Khas Makassar, Tidak Cuma Coto dan Jalangkote

1. Bassang Aje Toddopuli

Kamu bisa memilih bassang original, bassang gula, susu, susu dan gula, dan ada juga yang menggunakan milo. Harga mulai dari Rp 5.000 sampai Rp 8.000 per porsi.

Bassang Aje Toddopuli bisa kamu temukan di Jalan Toddopuli Raya, di depan teras Rumah Sakit Gia Lestari. Buka dari pukul 06.30 sampai 11.00 Wita.

Bassang terbuat dari jagung, santan, dan terigu. Berwarna putih, kental. Bagian atas beri susu kental manis, gula pasir, lalu bisa juga diberi tambahan milo.

2. Jalangkote & Lumpia Lasinrang

Ilustrasi jalangkote dan saus sambal khas. Jalangkote adalah kuliner khas Makassar yang bentuknya mirip pastel. SHUTTERSTOCK/MUHAMMAD SAFEI Ilustrasi jalangkote dan saus sambal khas. Jalangkote adalah kuliner khas Makassar yang bentuknya mirip pastel.

Bagi yang suka sarapan ringan, Makassar memiliki jalangkote lasinrang. Warga Jakarta melihat jalangkote mirip dengan pastel goreng. Hanya saja kulit jalangkote lebih tipis dan dinikmati dengan sambal cair. 

Sama seperti pastel, jalangkote berisi telur, wortel, kentang, dan bihun.

Jalangkote & Lumpia Lasinrang menjual jalangkote dan juga lumpia goreng.Harga satu pastel adalah Rp 7.500. Lumpia juga memiliki harga yang sama.

Baca juga: 7 Camilan Khas Makassar, dari Jalangkote sampai Sarabba Susu

Kamu bisa menemukan Jalangkote & Lumpia Lasinrang ini di Jalan Lasinrang Nomor11A, Sawerigading, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar. Sudah beroperasional dari pukul 07.00 Wita.

3. Kue Baroncong

Pedagang baroncong di pantai Losari Makassar Tribun Timur/Edi Sumardi Pedagang baroncong di pantai Losari Makassar

Ada juga camilan kue baroncong yang hanya bisa kamu temui di pagi hari. Sebenarnya, banyak penjual kue barancong yang bisa kamu temui.

Salah satu lokasi yang bisa kamu datangi adalah Jalan Hertasning Baru, Makassar. Berada di gerobak biru, di pinggir jalan.

Baca juga: Resep Pisang Ijo Lembut, Jajan Tradisional Khas Makassar

Kue baroncong ini bentuknya mirip seperti kue pancong. Terbuat dari tepung terigu, gula, garam, dan kelapa.

4. Coto Makassar

Coto Makassar.KOMPAS/HENDRA A SETYAWAN Coto Makassar.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com