Kompas.com - 19/11/2020, 18:08 WIB
Ilustrasi santan kental. SHUTTERSTOCK/ALGUSIlustrasi santan kental.

KOMPAS.com - Jika ingin memasak nasi kuning, nasi uduk, atau bahkan mango sticky rice, bahan utama yang kamu perlukan adalah santan kental.

Executive Chef Santika Mataram Lombok Nyoman Putra Yasa mengatakan bahwa santan kental umumnya digunakan untuk membuat saus santan sebagai pendamping hidangan manis. Bisa disajikan sebagai saus santan gula putih dan saus santan gula merah.

Baca juga: 3 Tips Masak Santan agar Tidak Pecah

Kamu juga harus perhatikan tata cara penggunaan santan kental, karena penggunaannya berbeda dengan santan cair. Santan kental dimasukkan setelah santan cair.

 

“Berbeda dengan santan cair, santan kental umumnya dimasukkan saat masakan sudah mendekati tahap akhir memasak, setelah sebelumnya dimasukkan santan cair.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tujuannya untuk mendapatkan kekentalan yang diinginkan, menambah rasa dan membuat masakan menjadi lebih gurih,” jelasnya saat dihubungi Kompas.com, Rabu (18/11/2020).

Ilustrasi santan alami dari sebutir kelapa segar. SHUTTERSTOCK/HOMELESSCUISINE Ilustrasi santan alami dari sebutir kelapa segar.

Cara membuat santan kental

Untuk mendapatkan santan kental, kamu perlu memperhatikan perbandingan kelapa parut yang digunakan dengan volume air.

Kamu bisa gunakan perbandingan 1:0,5 dari Chef Nyoman, satu untuk satu buah kelapa parut, dan 0,5 liter air. Campurkan air dengan kelapa parut, remas-remas, lalu saring.

“Misalnya, satu butir kelapa parut dengan 0,5 liter air. Langkahnya pun sama dengan membuat santan cair,” ujar Chef Nyoman.

Baca juga: Cara Bikin Santan Cair, Bisa untuk Rendang dan Aneka Masakan

Trik membuat santan kental dan cair

Chef Nyoman juga membagikan tips yang bisa kamu terapkan untuk membuat santan kental maupun cair.

  1. Pilih kelapa yang benar-benar sudah tua. Bisa kamu lihat dari warnanya yang coklat dan berambut. 
  2. Sebelum memarut kelapa, kupas kulit ari pada kelapa agar hasil santan menjadi bersih.
  3. Selalu gunakan air dingin suhu ruangan, bukan dingin es.

Trik-trik di atas bisa kamu terapkan dengan mudah, tidak membutuhkan alat atau bahan yang sulit dicari. 

"Untuk santan cair dan kental tidak ada teknik yang berbeda dalam membuatnya. Hanya berbeda volume airnya saja," tambahnya.

Baca juga: Beda Fungsi Santan Kental dan Santan Encer, Simak Tips Berikut



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X