Cara Bikin Santan Cair, Bisa untuk Rendang dan Aneka Masakan

Kompas.com - 19/11/2020, 10:16 WIB
Ilustrasi santan alami dari sebutir kelapa segar. SHUTTERSTOCK/HOMELESSCUISINEIlustrasi santan alami dari sebutir kelapa segar.

KOMPAS.com - Makanan Indonesia banyak menggunakan santan sebagai bahan dasar. Ada dua jenis santan yang bisa kamu gunakan untuk memasak yakni santan cair dan kental.

Executive Chef Santika Mataram Lombok, Nyoman Putra Yasa menjelaskan bahwa santan cair  digunakan untuk masakan yang membutuhkan proses memasak yang lama. 

Umumnya masakan tersebut bertekstur kental, contohnya rendang. Santan cair dicampurkan ke masakan yang butuh pengolahan atau proses masak. 

Baca juga: Resep Rendang dari William Wongso, Tertarik Buat di Rumah?

Cara membuat santan cair

Kamu hanya membutuhkan kelapa parut dan juga air untuk membuat santan cair segar. 

“Dalam membuat santan cair yang perlu diperhatikan hanyalah perbandingan antara kelapa parut dan volume air yang akan digunakan,” jelas Nyoman saat dihubungi Kompas.com, Rabu (18/11/2020).

Baca juga: 3 Tips Masak Santan agar Tidak Pecah

Santan cair bisa kamu dapatkan dengan perbandingan satu banding dua (1:2). Satu untuk satu butir kelapa parut, dan dua untuk dua liter air. Campurkan kelapa dengan air, remas-remas, lalu saring.

Tips membuat santan

Chef Nyoman juga memberikan tips dalam membuat santan, yakni gunakan air suhu ruangan.

Hindari air panas dan juga air es. Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan pemilihan kelapa, gunakan kelapa yang benar-benar sudah tua.

“Sebelum diparut, kupas kulit ari pada kelapa agar hasil santan menjadi bersih,” ujar Nyoman.

Baca juga: Bahan Pengganti Santan untuk Bikin Kari Ayam Bihun Medan



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X