Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Aman Barbekyu di Rumah, Kegiatan Seru Saat Long Weekend

Kompas.com - 28/10/2020, 21:09 WIB
Khenzie Godeleova,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bakar-bakaran daging atau barbekyu adalah kegiatan menyenangkan yang bisa kamu lakukan bersama keluarga atau teman di rumah. Kamu bisa lakukan saat libur long weekend.

Namun, di tengah kebersihan dan sterilisasi yang harus dijaga ini, kamu perlu mengikut beberapa aturan dasar agar para tamu bisa makan dengan puas dan senang.

Dilansir dari BBC goodfood, berikut tips agar barbekyu tetap aman :

Baca juga: Resep Korean BBQ Ribs, Kulineran ala Drama Korea

1. Simpan semua bahan yang mudah rusak di lemari es sampai siap disajikan. Jangan dikeluarkan sebelum diperlukan.

2. Semua daging beku harus benar-benar dicairkan sebelum menaruhnya di atas barbekyu. Jika tidak, daging akan tampak matang di luar tetapi mentah di dalam.

3. Seperti salah satu protokol kesehatan, cuci tangan. Basuh tangan dengan air dan sabun sebelum memegang daging atau ikan mentah.

Jangan letakkan makanan matang di piring yang sudah digunakan untuk daging dan ikan mentah.

4. Pastikan panggangan barbekyu panas sebelum mulai memanggang dan saat memanggang, agar daging matang merata. Pastikan semua daging matang seluruhnya agar lebih aman.

Baca juga: Cara Gampang Ukur Kematangan Steak Tanpa Termometer, Cukup Pakai Jari

Ilustrasi barbekyu, kegiatan seru di rumah saat long weekend. SHUTTERSTOCK/KANGHOPHOTO Ilustrasi barbekyu, kegiatan seru di rumah saat long weekend.

5. Perhatikan tetesan air dari daging dan ikan. Perhatikan juga tingkat kematangan daging dan ikan. Jangan gunakan sisa bumbu barbekyu sebagai saus.

6. Jangan biarkan makanan terpapar sinar matahari langsung. Cari spot yang teduh untuk melakukan barbekyu. Jangan tinggalkan makanan di luar lebih dari dua jam. Sebaiknya segera buang makanan sisa.

7. Jika acara sampai malam, maka makanan harus dipilah ke dalam wadah baru yang bersih, terutama makanan yang mudah busuk seperti daging dan salad.

9. Simpan makanan penutup di lemari es sampai hidangan utama selesai.

Baca juga: 6 Cara Atur Isi Kulkas agar Masak Lebih Praktis Selama PSBB

10. Lakukanlah kegiatan barbekyu dengan aman, agar tidak terjadi kebakaran.

Kegiatan barbekyu bisa kamu lakukan di rumah saja, bersama keluarga dan teman-teman terdekat. Namun jangan lupakan protokol kesehatan. Tetap jaga jarak, memakai masker, dan rajin mencuci tangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com