Cara Aman Barbekyu di Rumah, Kegiatan Seru Saat Long Weekend

Kompas.com - 28/10/2020, 21:09 WIB
Ilustrasi barbekyu membakar daging. SHUTTERSTOCK/ALEXANDER RATHSIlustrasi barbekyu membakar daging.

KOMPAS.com - Bakar-bakaran daging atau barbekyu adalah kegiatan menyenangkan yang bisa kamu lakukan bersama keluarga atau teman di rumah. Kamu bisa lakukan saat libur long weekend.

Namun, di tengah kebersihan dan sterilisasi yang harus dijaga ini, kamu perlu mengikut beberapa aturan dasar agar para tamu bisa makan dengan puas dan senang.

Dilansir dari BBC goodfood, berikut tips agar barbekyu tetap aman :

Baca juga: Resep Korean BBQ Ribs, Kulineran ala Drama Korea

1. Simpan semua bahan yang mudah rusak di lemari es sampai siap disajikan. Jangan dikeluarkan sebelum diperlukan.

2. Semua daging beku harus benar-benar dicairkan sebelum menaruhnya di atas barbekyu. Jika tidak, daging akan tampak matang di luar tetapi mentah di dalam.

3. Seperti salah satu protokol kesehatan, cuci tangan. Basuh tangan dengan air dan sabun sebelum memegang daging atau ikan mentah.

Jangan letakkan makanan matang di piring yang sudah digunakan untuk daging dan ikan mentah.

4. Pastikan panggangan barbekyu panas sebelum mulai memanggang dan saat memanggang, agar daging matang merata. Pastikan semua daging matang seluruhnya agar lebih aman.

Baca juga: Cara Gampang Ukur Kematangan Steak Tanpa Termometer, Cukup Pakai Jari

Ilustrasi barbekyu, kegiatan seru di rumah saat long weekend. SHUTTERSTOCK/KANGHOPHOTO Ilustrasi barbekyu, kegiatan seru di rumah saat long weekend.

5. Perhatikan tetesan air dari daging dan ikan. Perhatikan juga tingkat kematangan daging dan ikan. Jangan gunakan sisa bumbu barbekyu sebagai saus.

6. Jangan biarkan makanan terpapar sinar matahari langsung. Cari spot yang teduh untuk melakukan barbekyu. Jangan tinggalkan makanan di luar lebih dari dua jam. Sebaiknya segera buang makanan sisa.

7. Jika acara sampai malam, maka makanan harus dipilah ke dalam wadah baru yang bersih, terutama makanan yang mudah busuk seperti daging dan salad.

9. Simpan makanan penutup di lemari es sampai hidangan utama selesai.

Baca juga: 6 Cara Atur Isi Kulkas agar Masak Lebih Praktis Selama PSBB

10. Lakukanlah kegiatan barbekyu dengan aman, agar tidak terjadi kebakaran.

Kegiatan barbekyu bisa kamu lakukan di rumah saja, bersama keluarga dan teman-teman terdekat. Namun jangan lupakan protokol kesehatan. Tetap jaga jarak, memakai masker, dan rajin mencuci tangan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X