Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Gampang Ukur Kematangan Steak Tanpa Termometer, Cukup Pakai Jari

Kompas.com - 13/06/2020, 14:11 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Memasak steak mungkin terlihat sederhana, tapi ada beberapa tahapan yang sedikit rumit dan perlu trik khusus dalam melakukannya. Salah satunya adalah mengetahui tingkat kematangan steak secara tepat.

Baca juga: Resep Seared Rib Eye with Mushroom Sauce, Steak ala Hotel Bintang 5 di Bali

Di dapur profesional, para chef bisa menggunakan termometer khusus memasak yang mereka miliki.

Namun di rumah, beberapa orang tak memiliki termometer. Maka diperlukan cara lain yang cukup sederhana untuk bisa mengetahui tingkat kematangan steak.

Executive Sous Chef Renaissance Bali Uluwatu Resort & Spa Wisnu Adiyatma sempat menyinggung cara mengetahui tingkat kematangan tersebut dalam sesi #MasakdiRumahAja melalui Live Instagram @kompas.travel, Jumat (12/6/2020).

Ilustrasi steak.SHUTTERSTOCK Ilustrasi steak.

Caranya adalah dengan menempelkan ujung ibu jari dengan ujung masing-masing jari tangan lalu raba bagian pangkal ibu jari.

Tingkat kepadatan pangkal ibu jari ketika disentuhkan ke masing-masing jari lain akan menunjukkan tingkat kematangan daging yang berbeda.

“Ujung ibu jari ketika ketemu sama ujung telunjuk, pangkal ibu jari itu ketika kita pegang dan kita kasih gentle pressure, kepadatannya itu sama dengan kepadatan ketika daging dalam kondisi rare atau masih agak mentah,” jelas Wisnu ketika dihubungi Kompas.com, Sabtu (13/6/2020).

Ilustrasi steak dengan saus demi-glaceShutterstock Ilustrasi steak dengan saus demi-glace

Lalu jika kamu memindahkannya ke jari tengah, pangkal ibu jari akan lebih padat dari sebelumnya. Itu menunjukkan tingkat kematangan yang medium.

Jika kamu menyentuhkan ujung ibu jari ke ujung jari manis, maka pangkal ibu jari akan jadi lebih padat lagi. Kepadatan pangkal ibu jari akan mirip dengan kepadatan daging dengan tingkat kematangan medium well.

“Ketika sudah ketemu dengan kelingking, itu akan sangat padat lebih keras. Itu kondisinya well done,” tutup Wisnu.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com