6 Jenis Kue Bulan di China, dari Isi Telur Asin sampai Kelopak Mawar

Kompas.com - 01/10/2020, 14:39 WIB
Ilustrasi kue bulan aneka warna Shutterstock/MakistockIlustrasi kue bulan aneka warna


KOMPAS.com – Kue bulan jadi salah satu cara masyarakat China untuk memberi penghormatan pada Chang E., sosok yang dipercaya jadi Dewi Bulan.

Bentuknya bulat menyerupai bulan, dengan beragam jenis rasa isian. Kue bulan jadi makanan paling dicari terutama menjelang Perayaan Kue Bulan atau Festival Pertengahan Musim Gugur.

Dilansir dari China Highlight, dalam kebudayaan China bentuk bulat pada kue bulan tidak hanya untuk menghormati sosok Chang E. 

Kue bulan juga jadi simbol keutuhan dan kebersamaan dalam kebersamaan.

Baca juga: Apa Itu Perayaan Kue Bulan yang Dirayakan Orang Tionghoa?

Ada banyak jenis kue bulan. Ada yang menggunakan jenis kulit tebal dan renyah, tipis dan mudah hancur, dan berkulit lembut.

“Umumnya kue bulan memiliki berbagai macam jenis, beberapanya yaitu kue bulan yang dipanggang, snow skin, crispy, cokelat, bahkan agar-agar. Untuk isian kue bulan pun sekarang sangat beragam,” kata Executive Chinese Chef JW Marriott Jakarta, Daniel Foong, pada Kompas.com, Rabu (30/9/2020).

Ilustrasi kue bulan gaya suzhouShutterstock/JoulyC Ilustrasi kue bulan gaya suzhou

Sekarang memang banyak kue bulan yang menggunakan rasa kekinian sebagai isiannya, seperti isian green tea, cokelat, cream cheese, es krim, bahkan biskuit Oreo dan Lotus Biscoff.

Sementara kue bulan tradisional menurut Chef Daniel biasanya menggunakan isian white lotus paste atau pasta dari teratai putih dan kuning telur utuh di tengah.

Varian kue bulan di China tergantung dengan tradisi di daerahnya masing-masing. Berikut ini beberapa variasi kue bulan paling populer di China seperti dilansir dari China Highlights.

Baca juga: Perayaan Kue Bulan, Tradisi Apa yang Dilakukan di China dan Indonesia?

1. Kue bulan gaya Kanton

Kue bulan bergaya kanton berasal dari Provinsi Guangdong yang ada di China Tenggara. Bahan yang digunakan sebagai isiannya beragam.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X