Selain Odading yang Sedang Viral, Ini 3 Roti Goreng di Bandung

Kompas.com - 16/09/2020, 10:31 WIB
ilustrasi cakwe Patricia Dulasi / shutterstockilustrasi cakwe

KOMPAS.com - Odading adalah roti goreng Bandung terbuat dari tepung protein tinggi dan ragi, berbentuk persegi dan tanpa taburan.

Roti ini menjadi viral karena salah satu penjualnya bernama Mang Sholeh (Oleh) mempromosikan dagangannya dengan cara tak biasa dan mengundang netizen untuk menonton videonya.

Baca juga: Mengenal Odading yang Lagi Viral, Apa Bedanya dengan Cakue?

Efek dari video viral odading, kedai Mang Sholeh ramai pembeli dan antre untuk dilayani oleh lima orang anak Mang Oleh di belakang gerobaknya di Jalan Baranangsiang, Kota Bandung, Jawa Barat.

Selain odading, terdapat beberapa jenis roti goreng lain di Bandung. Dapat ditemukan cukup mudah di penjual street food.

Pastry cook The Jayakarta Suite Bandung Lucky Nugraha menjelaskan ada beberapa jajanan Bandung yang dibuat dengan menggunakan adonan roti.

Mulai cakwe sampai peyeum ball, berikut roti goreng yang bisa kamu temukan di Bandung :

Baca juga: Asal-usul Nama Odading, Berawal dari Celetukan Orang Belanda

1. Cakue

"Kalau dilihat dari jenis adonannya yang menyerupai adonan roti, selain odading ada cakwe," papar Chef Lucky Nugraha kepada Kompas.com, Selasa (15/9/2020).

Cakue atau cakwe merupakan roti goreng berbentuk lonjong dan panjang. Rasanya gurih dan memiliki tekstur garing di luar tapi empuk di dalam.

Selain itu, teksturnya tak padat dan memiliki rongga udara di dalamnya. Cakue biasa dimakan dengan saus sambal.

2. Gandasturi

Ilustrasi gandasturi atau kacang hijau dibalut adonan roti. SHUTTERSTOCK/AVELYN Ilustrasi gandasturi atau kacang hijau dibalut adonan roti.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X