Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beli Frozen Food, Bagaimana Cara Simpan yang Baik?

Kompas.com - 08/07/2020, 19:17 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Frozen food atau makanan beku jadi pilihan praktis untuk kamu yang tak punya waktu memasak makanan.

Frozen food bisa bertahan hingga berbulan-bulan lamanya jika disimpan dengan baik. Frozen food juga ocok jadi persediaan makanan khususnya di masa pandemi yang tak banyak keluar rumah.

Namun, frozen food juga harus disimpan dengan cara yang tepat agar bisa kualitasnya tetap terjaga dan rasanya tak berubah.

Baca juga: Cara Bekukan Makanan dengan Baik untuk Jualan Frozen Food

“Kalau mau dimakan nanti, langsung saja simpan di freezer begitu barang sampai," kata Owner frozen food merek Hoki Foods, Astri Putri Ardi, ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (7/7/2020).

Astri mengatakan ada konsumen yang membeli frozen food, tetapi ketika tiba disimpan di chiller bukan freezer. Hal ini tidak direkomendasikan olehnya. 

“Itu beda, kalau kulkas bawah kuatnya hanya satu minggu tapi kalau di freezer bisa sampai berbulan-bulan. Ada yang sekitar tiga bulan ada juga yang enam bulan,” sambung Astri.

Baca juga: Terjun ke Bisnis Frozen Food, Berapa Untungnya?

Pastikan juga wadah penyimpanan frozen food tertutup rapat jika sudah dikeluarkan dari kemasan aslinya.

Lalu jika ingin mengolah frozen food, Astri mengatakan baiknya dalam sekali habis.

Ilustrasi nugget tempeDok. Sajian Sedap Ilustrasi nugget tempe

 

Pasalnya jika frozen food sering dicairkan kemudian dibekukan kembali, cenderung akan memengaruhi kualitas dan juga rasa.

“Ada kemasan yang satu kilogram gitu, bisa dibagi begitu sampai rumah kita kan punya boks makanan ya. Itu bisa dibagi ke 2-3 tempat, jadi bisa 1-2 kali makan,” jelas Astri.

Baca juga: Mau Mulai Bisnis Frozen Food? Begini 4 Tips dari Pelaku Usaha

Frozen food yang baru datang juga berada dalam kondisi yang tidak terlalu beku, sehingga mudah untuk dibongkar dan dipisah tempatnya.

Jadi, setiap kali ingin dikonsumsi kamu hanya perlu mengeluarkan satu kotak makanan beku tersebut.

Tak perlu mencairkan keseluruhannya sehingga sisa makanan beku yang ada wadah lain akan tetap beku dan tidak terganggu kondisinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com