Kompas.com - 08/07/2020, 19:17 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Frozen food atau makanan beku jadi pilihan praktis untuk kamu yang tak punya waktu memasak makanan.

Frozen food bisa bertahan hingga berbulan-bulan lamanya jika disimpan dengan baik. Frozen food juga ocok jadi persediaan makanan khususnya di masa pandemi yang tak banyak keluar rumah.

Namun, frozen food juga harus disimpan dengan cara yang tepat agar bisa kualitasnya tetap terjaga dan rasanya tak berubah.

Baca juga: Cara Bekukan Makanan dengan Baik untuk Jualan Frozen Food

“Kalau mau dimakan nanti, langsung saja simpan di freezer begitu barang sampai," kata Owner frozen food merek Hoki Foods, Astri Putri Ardi, ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (7/7/2020).

Astri mengatakan ada konsumen yang membeli frozen food, tetapi ketika tiba disimpan di chiller bukan freezer. Hal ini tidak direkomendasikan olehnya. 

“Itu beda, kalau kulkas bawah kuatnya hanya satu minggu tapi kalau di freezer bisa sampai berbulan-bulan. Ada yang sekitar tiga bulan ada juga yang enam bulan,” sambung Astri.

Baca juga: Terjun ke Bisnis Frozen Food, Berapa Untungnya?

Pastikan juga wadah penyimpanan frozen food tertutup rapat jika sudah dikeluarkan dari kemasan aslinya.

Lalu jika ingin mengolah frozen food, Astri mengatakan baiknya dalam sekali habis.

Ilustrasi nugget tempeDok. Sajian Sedap Ilustrasi nugget tempe

 

Pasalnya jika frozen food sering dicairkan kemudian dibekukan kembali, cenderung akan memengaruhi kualitas dan juga rasa.

“Ada kemasan yang satu kilogram gitu, bisa dibagi begitu sampai rumah kita kan punya boks makanan ya. Itu bisa dibagi ke 2-3 tempat, jadi bisa 1-2 kali makan,” jelas Astri.

Baca juga: Mau Mulai Bisnis Frozen Food? Begini 4 Tips dari Pelaku Usaha

Frozen food yang baru datang juga berada dalam kondisi yang tidak terlalu beku, sehingga mudah untuk dibongkar dan dipisah tempatnya.

Jadi, setiap kali ingin dikonsumsi kamu hanya perlu mengeluarkan satu kotak makanan beku tersebut.

Tak perlu mencairkan keseluruhannya sehingga sisa makanan beku yang ada wadah lain akan tetap beku dan tidak terganggu kondisinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.